Tiga Pelatih Asing Persipura Musim 2018 Belum Menangi Laga Tandang

Pelatih Persipura, Oswaldo Lessa saat mendampingi anak asuhnya berlatih/Media Officer Persipura

JAYAPURA,- Kekalahan atas Borneo FC dengan skor 1-2 di Stadion Segiri Samarinda, Senin kemarin (8/10), menambah catatan buruk pelatih asing Persipura Jayapura di kompetisi Go-jek Liga 1 2018.

Tren negatif itu bertambah tepat di debut perdana Oswaldo Lessa sebagai pengganti kompatriotnya, Amilton Silva de Oliveira yang mundur sebelum jeda kompetisi.

Lessa menjadi pelatih asing ketiga Persipura di musim 2018 yang belum berhasil meraih kemenangan di laga tandang.

Berawal dari Eks Pemain Liga Inggris

Pelatih asal Inggris, Peter Butler ditunjuk oleh manajemen pada awal tahun 2018, untuk menukangi Boaz Solossa dan kolega jelang kompetisi Liga 1 2018. Butler dipilih karena kualitasnya yang mumpuni dalam meracik pemain-pemain muda.

Meski terbilang sukses dengan meraih enam kali kemenangan secara beruntun di laga kandang. Namun hasil tersebut berbanding terbalik dengan performa Persipura saat menjalani laga tandang.

Butler pun menjadi arsitek asing pertama Persipura yang gagal meraih kemenangan di musim 2018. Hingga masa tugasnya berakhir diawal Juni lalu, mantan pemain West Ham United itu telah menelan empat kekalahan dan cuma meraih tiga kali imbang di laga tandang.

Hasil buruk Butler di laga tandang lantas membuat Manajemen Persipura mengambil keputusan cepat dan menunjuk asisten pelatih, Tony Ho sebagai pengganti sementara, sambil menunggu rampungnya proses administrasi pelatih Brasil, Amilton Silva de Oliveira yang telah resmi dikontrak sebagai pelatih kepala Persipura sejak 6 Juli 2018.

Di luar dugaan, di tangan mantan arsitek Persebaya itu, Persipura justru sukses meraih kemenangan tandang pertamanya saat melawat ke markas PSMS Medan, 12 Juli lalu.

Gagal Menang Lagi di Laga Tandang

Pasca-mempersembahkan kemenangan tandang pertama bagi Persipura, Tony Ho pun kembali ke posisi aslinya sebagai asisten pelatih, setelah Amilton resmi diijinkan mendampingi Persipura, terhitung mulai 29 Juli saat bertandang ke markas Persela Lamongan.

Sayangnya, debut perdana pelatih Brasil itu pun tidak berjalan mulus. Persipura tumbang dengan skor 2-3 di Stadion Surajaya, Kota Lamongan.

Di laga selanjutnya saat menjamu Barito Putera, Amilton menunjukkan kelasnya sebagai peracik taktik. Tak tanggung-tanggung, Barito yang ditukangi maestro Jacksen F Tiago justru dipecundangi dengan skor 5-1.

Hasil kemenangan itu memang berlanjut di dua laga kandang Persipura saat mengalahkan Sriwijaya FC dan Arema FC. Namun sindrom itu tetap ada. Amilton mengikuti jejak Peter Butler yang belum pernah meraih kemenangan di laga tandang, setelah menelan dua Kekalahan tandang secara beruntun, di markas PS Tira dan Mitra Kukar.

Manajemen Persipura pun tak mau melihat timnya terperosok lebih dalam di papan klasemen, dan akhirnya mengambil keputusan untuk menyudahi kerjasama dengan Amilton, tepat saat kompetisi dihentikan usai insiden berdarah yang terjadi di Bandung.

Kali ini, giliran asisten pelatih asal Brasil, Oswaldo Lessa yang ditunjuk sebagai suksesor. Dengan persiapan yang terbilang cukup panjang, kurang lebih hampir dua pekan jeda kompetisi sebelum melawat ke markas Borneo FC, ada ekspektasi yang begitu besar untuk melihat Persipura kembali meraih kemenangan di laga tandang.

Tapi faktanya, Lessa telah menahbiskan dirinya sebagai arsitek asing ketiga Persipura di musim 2018 yang lagi-lagi gagal meraih kemenangan tandang. Hasil itu diderita dalam debut perdananya, di markas Borneo FC.

Saat ini, Persipura hanya menyisakan empat laga tandang dari 10 laga sisa kompetisi Liga 1 2018. Empat laga tandang yang bakal menjadi ajang pembuktian Oswaldo Lessa atau malah mengakhiri musim dengan predikat tanpa kemenangan tandang di era pelatih asing. *