Konferensi Internasional tentang Biodibersitas, Ekowisata, dan Ekonomi Kreatif

Buka ICBE 2018, Gubernur: Jaga SDA Untuk Generasi Papua

Suasana pembukaan ICBE 2018 oleh Gubernur Papua Barat, Minggu (7/10)/Albert

MANOKWARI,-Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan membuka Konferensi Internasional tentang Biodibersitas, Ekowisata, dan Ekonomi Kreatif atau International Conference on Biodibersity, Ecotourism and Creative Economy (ICBE) di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Minggu (7/10) sore.

Iven internasional ke-3 di tanah Papua dan pertama kali di Papua Barat itu menurut Gubernur bahwa, sebagai satu komitmen bersama elemen di tanah Papua, pemerintah Pusat dan pihak Internasional untuk menjaga dan melestarikan sumber daya alam (SDA) yang ada di tanah Papua.

Didalamnya juga telah melibatkan masyarakat adat untuk kampanyekan tentang provinsi konservasi hutan di wilayah Provinsi Papua Barat

 

Alasan diselenggarakan ICBE di Papua Barat, kata Guberbur, untuk masa depan generasi Papua, juga memberikan dampak positif kepada dunia, sebab Papua merupakan paru-paru dunia tentang pentingnya oksigen (CO2).

Gubernur juga berharap seluruh elemen, seperti masyarakat adat yang tinggal didalam hutan adat di wilayah Papua maupun Papua Barat agar dilibatkan dan diberdayakan, termasuk dalam menjaga hutan di tanah Papua.

"Di dalam hutan itu sendiri terdapat keaneragaman hayati yang memang harus dijaga. Oleh sebab itu melalui ICBE 2018 ini diharapkan memberikan dampak postif kepada masyarakat adat. Apalagi kegiatan ICBE ini merupakan kegiatan pertama kalinya diselenggarakan setelah ICBE Tahun 2016 lalu dilaksanakan di Jayapura Provinsi Papua,"pesan Gubernur Dominggus, Minggu (7/10).

Pada pembukaan seremonial ICBE Tahun 2018 di gedung PKK Arfai Manokwari, Minggu sore, tampak dihadiri Staf Khusus Presiden, tamu duta negara, Gubernur Papua yang diwakili oleh Asisten II Setda Papua, Gubernur Papua Barat, Sekda, Ketua DPR, Forkopimda, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.*