Debat Kandidat Ketua DPD KNPI Papua, Jumlah Peserta Akan Dibatasi

Ketua Stering Committe (SC), Sudin Rettob/Djarwo

JAYAPURA,- Debat kandidat calon Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua akan digelar pada Jumat (5/10) besok, di Hotel Metta Star, dengan jumlah peserta akan dibatasi sesuai dengan daya tampung ruangan.

Dijelaskan Ketua Stering Committe (SC), Sudin Rettob, debat kandidat tersebut digelar untuk memaparkan visi misi dari delapan calon Ketua DPD yang telah dinyatakan lolos verifikasi.

Selain itu, debat tersebut juga untuk mengetahui sejauh mana intelektual serta pemahaman para kandidat soal organisasi, khususnya kepemudaan.

"Kita sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan para kandidat soal pertanyaan yang akan diberikan kepada mereka. Sementara jumlah peserta akan kita batasi, dan masing-masing kandidat hanya bisa membawa 10 orang pendukungnya," ujar Sudin, Kamis (4/10).

Dirinya mengungkapkan, jika debat tersebut hanya sebatas internal KNPI saja dan pihaknya belum melibatkan pengamanan dari pihak kepolisian.

"Karena yang datang juga adalah teman-teman kita sendiri, jadi saya yakin dan percaya bahwa teman-teman bisa menjaga ketertiban selama proses debat berlangsung. Mungkin nanti pada saat Musda baru kami libatkan aparat keamanan," ungkapnya.

Sementara itu, kata Sudin, Musyawarah Daerah (Musda) XIV DPD KNPI Provinsi Papua, akan digelar pada 10 Oktober mendatang, dengan delapan calon kandidat Ketua DPD yang telah dinyatakan lolos verifikasi.

Delapan nama kandidat tersebut yakni Alberth G Wanimbo yang diusung 9 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan 4 DPD Kabupaten Kota, Albertus Adii dengan 8 OKP dan 3 DPD, George Kaiba dengan 7 OKP dan 4 DPD, Nason Uti dengan 7 OKP dan 5 DPD, Ponto Yelipele dengan 6 OKP dan 3 DPD, Thomas Sondegau 6 OKP dan 3 DPD, Yulianus Dwaa dengan 6 OKP dan 3 DPD, serta Zakeus Degey dengan 7 OKP dan 3 DPD. *