Papua Bingkai NKRI, Semua Komponen Berpengaruh Dalam Kesatuan dan Persatuan

Kapolres Kepulauan Yapen bersama para tokoh usai melakukan pertemuan di salah satu para-para adat/Humas

JAYAPURA,-  Suksesnya Pemilihan Umum di tahun 2019 mendatang yang aman, damai dan sejuk serta kokohnya Papua dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak terlepas dari peran tokoh pemuda, tokoh agama dan juga tokoh masyarakat adat Kabupaten Kepulauan Yapen.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Penri Herison kepada Pers saat bersilahturami ke Kampung Serui Laut, Kabupaten Kepulauan Yapen, Jumat (28/9) kemrin.

Menurut Penri, peran agama, pemuda, dan masyarakat adat sangat penting dalam menjaga kestabilan keamanan di kabupaten Kepulauan Yapen menjelang pilpres dan pileg 2019 mendatang guna kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia di atas Tanah Papua.

Hal senada juga dikatakan Ketua Dewan Adat Kabupaten Kepulauan Yapen, Onesimus Woriori. Menurut pria yang kerap disapa Ones itu, Kota Serui  merupakan kota yang menciptakan papua zona damai juga merupakan kota Religius atau kota Injil sehingga masyarakat adat Kabupaten Kepulauan Yapen harus mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan juga nilai-nilai adat sebagai wujud masyarakat yang taat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena Negara kita hanya satu, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di tempat yang sama, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Kepulauan Yapen, Marthen M. Waromi juga menambahkan, sebagai umat yang beragama, patutlah menghindari hal-hal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terutama, kelompok-kelompok yang belum sepaham dengan kita sebagai anak bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Kepulauan Yapen, Mika Runaweri juga memberikan komentarnya bahwasanya, sebagai pemuda, mempunyai hak penuh untuk meneruskan cita-cita bangsa. Untuk itu, Pemuda harus lebih aktif dalam memerangi berita-berita hoax. Pemuda juga diharapkan berperan aktif dalam menjaga kedaulatan NKRI atas Papua. *