Amilton dan Fabio Didepak Manajemen Persipura

Amilton de Oliviera bersama Fabio Oliveira dan Lydio Sauza saat berdiskusi pada latihan Persipura di lapangan futsall Bolevard beberapa waktu lalu/Fendi

JAYAPURA,– Target tinggi menajemen Persipura dalam kompetisi liga 1 tahun 2018 kembali memakan korban. Jika sebelumnya pelatih Piter Butler dipecat lantaran tidak memenuhi ekspektasi dari manajemen, kini nasib yang sama diterima oleh Amilton de Oliveira yang dipecat manajemen Persipura.

Selain Amilton de Oliveira, ada nama Analis Teknik Pertandingan, Fabio Oliveira yang ikut didepak manajemen Persipura Jayapura.

Pemecatan kedua pelatih ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano di sela-sela rapat pertemuan Gubernur dan Bupati/Walikota di salah satu Hotel di Jayapura, Selasa (25/9) dinihari.

BTM menilai, sejak Amilton di datangkan menggantikan pelatih sebelumnya Peter Butler, permainan Persipura tidak memiliki perubahan sesuai harapan menajemen dan publik Persipuramania.  “Saya sudah perintahkan manajer dan media officer supaya eksekusi dua orang itu,” tegas BTM kepada awak media di Jayapura.

Untuk menggantikan posisi Amilton dan Fabio yang dipecat, manajemen menunjuk Osvaldo Lessa, Lydio Sauza dan Allan Haviludin untuk menangani Boaz Solossa dan kawan-kawan sambil menunggu direkrutnya pelatih baru.

“Lessa, Lydio dan Allan Haviludin akan menggantikan sementara, berlakunya sejak hari ini. Sambil menunggu pelatih baru,” ujarnya.

BTM menambahkan, keputusan ini diambil berdasarkan banyak pertimbangan, termasuk beban yang harus dipikul Amilton ketika diharapkan membawa tim mutiara hitam Persipura Jayapura kembali ke perubahan positif untuk menjadi jawara kompetisi liga 1 2018.

“Keputusan ini diambil berdasarkan banyak pertimbangan, kita ingin melihat tim ini mengalami perubahan dan menjadi juara liga 1 tahun 2018. Ini adalah pertimbangan kita,” jelasnya.

Meski demikian, BTM mengaku bahwa belum menyampaikan secara langsung kepada kedua pelatih. “Saya belum ketemu mereka, saya minta ada evaluasi pemain dan pelatih. Saya bilang kalau boleh kita ganti mereka,” imbuhnya.

Sementara itu, Amilton de Oliviera yang dihubungi melalui pesan elektronik membenarkan pemecatan itu. Ia mengaku bahwa dirinya sudah tidak lagi di Persipura. “Iya, saya tidak di Persipura lagi,” ujarnya singkat.

Amilton de Oliviera sudah mendampingi Boaz Solossa dan kawan-kawan pada 10 pertandingan di putaran kedua Liga 1 2018. Dari 10 pertandingan itu, Persipura meraih 4 kali kemenangan, 4 kali kalah dan dua kali imbang. *