Masyarakat Lanny Jaya Dukung TNI/Polri Kejar Eden Wanimbo dan Kelompoknya

Masyarakat yang berada di Kampung Ilunggime dan Bugukgona/Humas

JAYAPURA,- Warga masyarakat yang berada Distrik Bugukgona Kabupaten Lanny Jaya mendukung pihak TNI/Polri dalam melakukan upaya pengejaran terhadap kelompok kriminal bersenjata Eden Wanimbo beserta anggotanya.

Kepala Kampung Ilunggime Distrik Bugukgona, Anton Wanimbo mengungkapkan upaya pihak aparat keamanan yang diambil merupakan yang tepat, mengingat sejauh ini kelompok separatis pimpinan Eden Wanombo sudah sangat meresahkan warga kampung. Selain itu juga warga yang berada di Distrik Bugukgona terutama Kampung Ilunggime secara tegas menolak mengutuk aksi dari kelompok separatis.

“Kami sengaja mengibarkan bendera merah putih di sini agar semua tahu bahwa kita semua disini merah putih dan tidak setuju dengan kelompok yang minta merdeka seperti kelompok sebelah (Eden Wanimbo) dan kami harap agar yang bersangkutan dapat ditangkap dan diproses agar kita semua disini tidak resah, selain itu juga kami akan dukung upaya yang dilakukan bapak polisi dan bapak tentara,” tuturnya, Sabtu (22/9) sore.

Sementara itu, salah seorang anggota DPRP Kabupaten Lanyy Jaya Dopen Wakerkwa menuturkan pemberitaan yang tengah beredar sebelumnya yang menyebutkan ada aksi penyisiran aparat gabungan yang mengakibatkan warga sipil jadi korban kekerasan serta ternak waga mati tertembak merupakan informasi bohong dan tidak benar yang disebarluaskan oknum tidak bertanggung jawan kepada public.

“Saya tegaskan bahwa berita tersebut tidak benar dan saya sudah turun dan cek secara langsung, tidak ada Babi atau kebun masyarakat dirusak mungkin bapak bisa lihat sendiri, apalagi dibilang ada warga yang dianiaya,” tegasnya, Sabtu (22/9) saat dihubungi melalui telepon seluler.

Kata Dopen, keberadaan aparat disini bukan untuk membuat resah masyarakat tapi untuk mencari pelaku pelanggaran hukum yaitu Eden Wanimbo dan pasukannya, selain itu juga dengan keberadaan aparat keamana. situasi di Kabupaten Lanny Jaya kondusif dan aman.

“Eden Wanimbo dan pasukannya kami harap cepat ditangkap karena sudah sering kali saya dengar keluhan masyarakat dan dengan dilakukannnya pengejaran serta keberadaan aparat keamanan saya rasa masyakat dapat beraktifitas dengan baik tanpa menghawatirkan aksi yang dilakukan kelompok separatis tersebut,” tuturnya.

Dopen pun menerangkan dirinya telah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat yang berada di kampung Ilunggime dan Bugukgona dimana masing-masing kepala kampung telah menyampaikan kesepakan mendukung TNI/Polri dalam melakukan upaya pengejaran terhadap kelompk tersebut.

“Saya sudah lakukan pertemuan dan tatap muka dan mereka disana meminta apagar aparat secepatnya menangkap Eden dan komplotanya karena mereka sudah sangat mersehakan, selain itu juga saya sudah menghimbau agar mendukung aparat kepolisian apabila mendapatai informasi keberadaan yang besangkutan segera menginformasikan dan mereka sepakat,” terangnya. *