Bapor Korpri Papua Diminta Kembangkan Olahraga ASN

Pelantikan pengurus Bapor Korpri provinsi Papua, di Jayapura, Kamis (20/9)/Andi Riri

JAYAPURA, - Badan Pembina Olahraga Korps Pegawai Republik Indonesia (Bapor Korpri) Provinsi Papua diminta untuk mengembangkan serta meningkatkan olahraga di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Demikian diungkapkan  Ketua Bapor Korpri, Alfitra Salam usai melantik pengurus Bapor Korpri provinsi Papua, di Jayapura, Kamis (20/9).

Menurut dia,  ketua Bapor Korpri Papua memiliki tugas yang berat, sebab beberapa hal penting dalam AD/ART salah satunya adalah terkait kebugaran jasmani dari para Aparatur Sipil Negara (ASN)

"Jadi prestasi nomor tiga, kalau ASN sudah bugar dan segar diharapkan produktifitasnya akan semakin bagus," ujarnya

Alfitra menekankan, dalam waktu dekat pengurus yang sudah dilantik harus segera melakukan rapat kerja dan merumuskan kegiatan-kegiatan tahunan yang diharapkan bisa menjadi upaya pembinaan olahraga.

"Konsolidasi harus dilakukan, baik itu penguatan SDM maupun program-program. Saya harap kepada ketua umum yang baru untuk membentuk Bapor Korpri di lingkungan pemerintah kabupaten/kota karena belum semua daerah miliki kepengurusan ini," katanya.

Di kesempatan itu Alfitra juha menekankan agar Papua bisa segera mempersiapkan diri untuk mengikuti pekan olahraga nasional Korpri, yang akan dilaksanakan tahun depan di Bangka Belitung.

"Kami harap Bapor Papua lebih siap dari tahun kemarin. Jangan mau kalah dengan provinsi lain, tahun depan kalau bisa mengirim ribuan atlet ke Bangka Belitung," harapnya.

Disamping itu, dia juga menyarankan Bapor Korpri untuk melakukan kerjasama dengan pengurus KONI, karena secara struktur organisasi ini ada di bawah KONI.

"Jadi kami berharap pimpinan KONI bisa merangkul Bapor Korpri karena banyak ASN yang memiliki bakat olahraga yang bisa dibina dalam rangkat prestasi olahraga di Papua,"harapnya lagi.

Cari Solusi

Asisten Bidang Umum Papua, Elysa Auri mengatakan dari 7 ribu lebih ASN di lingkungan pemerintah provinsi Papua, dari gubernur sampai dengan para asisten dan pimpinan OPD, masih mencari solusi bagaimana memberikan inovasi semangat kerja bagi seluruh ASN.

"Dengan pelantikan pengurus Bakor Korpri kami berharap mampu melakukan pembinaan, semangat membangun prestasi olahraga, khususnya di pegawai negeri provinsi, kabupaten dan kota," tuturnya

Kedepan, lanjut Elysa, dirinya berharap Bapor Korpri bisa bersinergi dengan pemerintah dalam menciptakan ASN yang berprestasi di bidang-bidang tertentu.

"Kalau ini kita sudah lakukan, dari 7 ribu pegawai lebih dipastikan ada atlet-atlet kita yang dibina dan kembangkan sehingga ikut partispasi dalam dunia olahraga, baik tingkat provinsi sampai tingkat nasional," katanya

Berikut daftar Pengurus Bapor Korpri Provinsi Papua periode 2018-2023 antara lain; Lukas Enembe (pembina), Klemen Tinal (pembina), Hery Dosinaen (penasehat), F.X Mote (ketua umum), Ribka Haluk (wakil ketua I), Rudolf Morin (wakil ketua II), Robby Wanggai (sekretaris umum), Johny Solar (wakil sekretaris), Abedzon Kurni (Bendahara), Musdin Luo (wakil bendahara), Demianus Heipon (ketua bidang organisasi), Derek Hegemur (ketua bidang hukum).*