Kabar yang beredar menyebutkan sistem operasi Android P ini akan mengusung nama Pie

Android P Bakal Rilis Bulan ini

net

WARTAPLUS - Melanjutkan tradisi memperkenalkan sistem operasi Android tiap tahunnya, berembus rumor Google juga akan mengeluarkan seri terbarunya Android P pada Maret ini.

Kabar yang beredar menyebutkan sistem operasi Android P ini akan mengusung nama Pie. Android terbaru itu diperkirakan akan hadir pada Pi day atau hari konstanta Matematika yang jatuh pada 14 Maret 2018.

Dilansir situs Tech Radar, Selasa 6 Maret 2018, berita ini pertama kali datang dari akun Twitter pengamat mobile, Evan Blass.

Spekulasi nama Pie pada Android terbaru datang dari gambar pada website konferensi tahunan Google I/O, yakni gambar kue nanas yang terbalik. Namun itu belum pasti, karena bisa juga itu hanya sebagai pengalih perhatian saja.

 Pendahulu Android P, yaitu Android 8.0 Oreo hadir pertama kali sebagai ulasan pada 21 Maret 2017. Kemungkinan besar Google akan berbuat sesuatu di bulan ini memang besar.

Konferensi tahunan Google I/O akan diselenggarakan pada 8 hingga 10 Mei 2018. Tahun lalu Android Oreo juga hadir dan diperkenalkan dalam pameran ini. Kemungkinan Android P akan mendapatkan kesempatan yang sama.

Sedangkan untuk perilisan versi akhir Android P ini kemungkinan juga sama dengan pendahulunya sekitar bulan Agustus atau September 2018.

Soal fitur yang akan hadir di Android P di antaranya, fitur pemblokiran panggilan penipuan. Hal ini terlihat dari kode yang ditemukan pengguna di XDA Developers. Pengembang juga dikabarkan akan lebih fokus pada menghilangkan celah keamanan dan membantu kode mendapatkan aplikasi yang siap untuk versi berikutnya Android.

 Kerja sama Google dengan Project Teble kemungkinan untuk mempercepat upgradeperangkat Android lama ke Android P. Perangkat yang pertama akan mencicipi Android P yakni smartphone Pixel atau smartphone lain yang ikut dalam program Android One. [net]