Resmi Dilantik, Ini Prioritas Direktur Utama PT Irian Bhakti Mandiri

Sekda Provinsi Papua, Hery Dosinaen saat melantik Direktur Utama PT Irian Bhakti Mandiri, J. Yumin Wonda, S.Sos/Djarwo

JAYAPURA,- Direktur Utama PT Irian Bhakti Mandiri (IBM), J. Yumin Wonda S.Sos yang baru saja dilantik oleh Sekda Provinsi Papua, Hery Dosinaen pada Selasa malam (4/9), di Ruang Sekda Provinsi Papua, menyebutkan ada beberapa prioritas yang akan dilakukannya usai resmi menjadi nahkoda baru di lingkungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Salah satu prioritas utamanya yakni  menghidupkan kembali organisasi yang dipimpinnya dengan saling bersinergi dengan para staf di dalamnya, juga menerapkan aturan yang harus diberlakukan.

Selain itu, ia juga menargetkan penggabungan atau merger antara PT IBM dan PD Irian Bhakti bisa terlaksana dalam satu hingga dua bulan kedepan.

Tidak hanya itu, dirinya juga akan memberlakukan sistem satu pintu yang menyangkut bisnis maupun pekerjaan lainnya harus melalui PT IBM sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Papua.

"Jadi semua BUMN dan BUMD dari luar yang masuk ke Papua harus menjalin mitra dengan PT IBM. Dan semua distributor-distributor yang lain menyangkut pendistribusian semen atau apapun, harus masuk melalui satu pintu BUMD. Itu prioritas kami," jelasnya, usai pelantikan.

Menanggapi pertanyaan pers terkait beberapa perusahaan daerah yang masih kurang dalam kontribusi PAD, pihaknya akan mendorong dan menghidupkan kembali dengan cara melengkapi kekurangan yang ada dalam jajaran direksi masing-masing.

Pihaknya juga akan saling berkolaborasi dengan Asisten II Provinsi Papua untuk memantau dan melakukan evaluasi terhadap pergerakan perusahaan-perusahaan daerah untuk melihat segala kekurangan agar bisa segera terselesaikan.

"Ada beberapa anak perusahaan kami di antaranya pelayaran, percetakan dan semen Papua itu memang ada yang belum bergerak, dan tentu kami harus menggerakkan mereka, dimana kalau ada yang kurang dalam direksi dan stafnya kami akan lengkapi dan begitu juga dengan yang masih belum berkontribusi ke induk itu kami akan coba hidupkan kembali dan mengevaluasi bersama Asisten II untuk menyelesaikan itu," akunya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Papua, Hery Dosinaen yang mewakili Gubernur Provinsi Papua mengungkapkan, pihaknya memiliki perhatian yang luas dalam peningkatan perekonomian masyarakat di Tanah Papua melalui BUMD.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada Direktur Utama PT IBM yang baru saja dilantik agar bisa pro aktif dalam menjalin kerjasama secara horizontal, vertikal maupun diagonal dengan semua pihak stakeholder, karena kesuksesan perekonomian Papua juga bergantung pada organisasi tersebut.

"Mudah-mudahan tugas dan karya semua rekan di jajaran direksi PT IBM dan PD Irian Bhakti dalam mensejahterakan masyarakat Papua bisa berjalan sukses seperti keinginan dan harapan kita bersama," ujar Sekda.

Dirinya juga menuturkan, pihaknya akan terus melakukan konsolidasi organisasi dalam proses penggabungan PT IBM dan PD Irian Bhakti, sehingga dalam melaksanakan tugas dan pelayanannya organisasi tersebut dapat terus tumbuh dan berkembang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Tanah Papua.

"Kita akan mengkaji lebih dalam dimana banyak perusahan daerah yang kita berikan bantuan dan akan kita evaluasi seperti apa kinerjanya dan apa saja output maupun inputnya dalam berkarya. Ini sudah ada peringatan dari gubernur untuk terus dipantau terus dan kita akan evaluasi lebih lanjut perusahaan-perusahaan daerah yang selama ini kita berikan bantuan," tandasnya. *