Gubernur-Wagub Papua Dilantik Esok, Komwil ADKASI Papua Ucapkan Selamat Lanjutkan Visi Misi

Ketua Komisariat Wilayah Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (Komwil ADKASI), Terius Yigibalom/Istimewa

JAYAPURA,- Ketua Komisariat Wilayah Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (Komwil ADKASI) Provinsi Papua, Terius Yigibalom mengucapkan selamat kepada Lukas Enembe-Klemen Tinal yang akan dilantik, Rabu (5/9) esok sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Papua terpilih periode kedua, 2018-2023.

"Sejak awal saya sudah pernah sampaikan ke teman-teman bahwa sebagian besar orang Papua bilang Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) masih dibutuhkan dua periode untuk tanah dan orang Papua," kata Terius Yigibalom, Selasa (4/9) sore, kepada wartaplus.com.

Terius mengatakan, orang Papua membutuhkan Lukmen telah terbukti di mana mereka  terpilih lagi pada Pilkada Serentak beberapa bulan lalu dan Rabu besok, akan dilantik oleh orang nomor satu di republik ini yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi), petahana Capres 2019, di Jakarta.

“Terpilihnya Lukmen merupakan hal yang biasa karena mereka sudah punya pengalaman dipilih oleh masyarakatnya, bahkan seandainya kemarin mereka kalah dalam politik praktis, sudah anggap biasa karena mereka pun sudah punya pengalaman yang cukup dalam kekalahan di panggung yang sama dengan lawan politiknya,” terang Terius.

Artinya, menang-kalah bagi Lukmen dalam politik praktis sudah mengalami proses yang cukup mumpuni dan tidak bisa dibilang tidak, atau dalam bahasa suku Lani  "meya" (tidak bisa).

Kata Terius, menang merupakan sebuah keniscayaan dan kalah merupakan sebuah misteri. “Tidak ada yang abadi di dunia yang bernama politik praktis. Yang abadi hanyalah sebuah "proses politik" yang cukup panjang dan membuat kita terus bertumbuh hingga dewasa menjadi seorang politisi yang sejati, baik bagi yang pemenang tapi juga bagi yang kalah,” katanya.

“Terima kasih Lukmen dan Josua untuk proses politik ini. Kami ikut senang dan menikmati dinamika politik praktis di Pilgub Papua 2018, apa adanya,” sambung Terius yang juga menjabat Ketua DPRD Lanny Jaya ini.

Dengan semangat, Terius bersama Sekretaris Komwil ADKASI, Toni F Mayor mengucapkan selamat dan sukses kepada Lukas Enembe dan Klemen Tinal. “Selamat mengerjakan visi ini, kiranya kasih-Nya yang tak terbatas itu turut hadir di masa kepemimpinan Lukmen di bumi yang bernama Cenderawasih,” demikian Terius. *