Kapal Bermuatan BBM Terbakar di Biak

KLM Cahaya Akbar bermuatan 57 Ton BBM yang terbakar/Humas

JAYAPURA,- Kapal Kayu KLM Cahaya Akbar bermuatan 57 Ton bahan bakar Minyak (BBM), Sabtu (1/9) malam sekitar pukul 17.22 WIT terbakar saat sedang berada di Dermaga Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Biak.

Kabid Humas Polda Papua Kombes pol AM Kamal mengungkapkan, belum diketahui penyebab kebakaran yang mengakibatkan kerugian hingga 1 Millar tersebut, mengingat sampai dengan saat ini Kepolisian Resort Biak Numfor masih mendalami kasus kebakaran itu dengan melakukan olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi.

"Kami masih dalami melalui Sat Reskrim Polres Biak dengan melakukan olah TP dan keterangan ABK yang sesaat kejadian berada di kapal itu," ungkapnya, Minggu (2/9) siang.

Kata Kamal, dari keterangan salah seorang saksi diketahui bernama Ahmad mengungkapkan sekitar pukul 11.00 WIT sampai dengan pukul 16.00 Wit Kapal Kayu KLM Cahaya Akbar melakukan kegiatan pengangkutan BBM dari Dermaga ke atas Kapal. Beseralang satu jam kemudian tepatnya pukul 17.00 WIT terdengar suara ledakan dari atas Kapal sehingga saksi bersama dua orang rekanya melompat kedalam laut untuk menyelamatkan diri.

"Dalam insiden ini tidak ada korban jiwa maupun korban luka bakar. Dan saat ini Kapten Kapal dan beberapa orang ABK sudah dimintai keterangan," terang Kamal.

Kamal menambahkan, BBM 57 Ton itu ditaruh didalam 285 Drum dan rencananya akan dibawa ke Kabupaten Mamberamo Raya. *