Indonesia Siap Ekspor Mobil ke Amerika dan Eropa

Net

WARTAPLUS - Industri otomotif Indonesia saat ini lebih banyak dilakukan untuk memenuhi permintaan di dalam negeri. Jumlah produksi kendaraan bermotor pada 2017 di Tanah Air mencapai sekitar 1,2 juta unit.

Dari angka tersebut, sekitar 300 ribu unit dikirimkan ke luar negeri. Namun, hal itu akan segera berubah. Sebab, ada dua merek mobil yang berencana untuk melakukan ekspor dalam skala yang cukup besar.

Hal itu diungkapkan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika saat ditemui di Yogyakarta.

“Kami sedang meminta waktu Bapak Presiden Joko Widodo. Ada dua merek yang datang ke kami, minta Pak Presiden berkenan meresmikan ekspor mereka,” ujarnya, Jumat 31 Agustus 2018.

Merek yang pertama, kata Putu, akan memeringati 1,3 juta unit produksi mereka. Jumlah yang akan diekspor cukup banyak, mencapai ratusan ribu unit. “Ada sekitar 200 ribuan unit yang akan mereka ekspor,” tuturnya.

Sementara itu, merek kedua jumlah ekspornya tidak sebanyak merek pertama. Namun, negara yang menjadi tujuan pengapalan adalah negara-negara maju. Sayangnya, Putu tidak mengungkapkan merek yang dimaksud.

“Ini agak lebih kecil dari yang tadi. Tapi, dia akan mengekspor ke Amerika Serikat, Eropa dan Korea Selatan. Tunggu saja tanggal mainnya.”a