Ini Harapan Bupati Jayapura Kepada Kapolda Papua yang Baru

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw/Fendi

SENTANI,– Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw berharap Kapolda Papua yang baru Irjen Pol Martuani Sormin dapat menjaga suasana yang kondusif di Papua seperti saat ini.

“Kita harap Kapolda yang baru bisa menjaga suasana yang kondusif seperti saat ini dan kalau bisa lebih di tingkatkan,” kata Mathius kepada pers di Sentani, Kamis (23/8).

Menurutnya, Kapolda sebelumnya telah sukses melaksanakan tugas tersebut, sehingga mampu menciptakan suasana yang aman dan kondusif selama ini, termasuk pada saat pemilihan gubernur Papua yang baru saja selesai dilaksanakan.

“Sebelum Pilkada gubernur, banyak orang prediksi bahwa di Papua akan terjadi konflik, tapi ternyata kerjasama antara masyarakat dengan kepolisian sangat kompak sehingga Papua ini bisa aman, dan tidak seperti yang di prediksikan sebelumnya,” ungkapnya.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada Kapolda yang lama Irjen Pol Boy Rafli Amar yang telah sukses menjalankan tugasnya di Papua.

“Terima kasih kepada kapolda yang lama yang selalu merespon persoalan di masyarakat dan turun langsung untuk menyelesaikan masalah itu. Ini menunjukan bahwa kepolisian komitmen untuk menciptakan suasana yang damai,” ujarnya.

“Kita berharap agar kapolda yang baru bisa meneruskan itu dan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Papua,” sambungnya.

Apalagi kata Bupati, kapolda yang baru tidak asing bagi masyarakat Papua, karena pernah bertugas di Papua Barat.

“Beliau ini kan sudah pernah tugas di Papua Barat, jadi karakter masyarakat tidak jauh beda, dan beliau (kapolda baru) sudah punya pengalaman untuk menghadapi masyarakat Papua,” tuturnya. *