Ribuan Masyarakat Sentani Shalat Idhul Adha 1939 H di Masjid Al Aqsa

Ribuan umat Muslim saat mengikuti Shalat Idhul Adha 1939 H di Majid Al Aqsa Sentani, Rabu (22/8) pagi/Fendi

JAYAPURA,– Ribuan umat Muslim di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura mengikuti Shalat Idhul Adha 1939 Hijriah di Majid Al Aqsa Sentani, Rabu (22/8) pagi.

Dari pantauan wartaplus.com di lokasi, sejak pukul 06.30 WIT masyarakat mulai berduyun-duyun datang ke Masjid Al Aqsa secara berkelompok maupun menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Dan tepat pukul 07.05 WIT shalat Idhul Adha 1939 Hijriah dimulai dengan khatib Ustadz Faisal Saleh.

Faisal Saleh dalam khotbahnya menceritakan tentang nilai-nilai keteladanan Nabi Ibrahim yang menjadi awal pelaksanaan ibadah kurban. Ia menyebut tiga poin penting tentang keteladanan Nabi Ibrahim, yakni ketaatan kepada Allah, kesabaran dan pengorbanan Nabi Ibrahim.

“Selain itu ada kesetiakawanan sosial dengan membagi kepada fakir miskin, handaitolan dan kepada sesama,” ujarnya.

Selanjutnya kata Faisal, menyembelih kurban binatang memiliki simbol bahwa di situ menyembelih keserakahan, godaan dan hal-hal yang bersifat negatif. “Jadi berkurban ini mengajarkan kepada kita semua supaya selalu mengalirkan rasa syukur kepada sesama,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, mengungkapkan, melalui momentum ini, ia berharap agar masyarakat di Kabupaten Jayapura khususnya umat Muslim untuk saling membantu sesama dan menjaga kesatuan yang sudah terjalin.

“Mari kita jaga toleransi di Kabupaten Jayapura, dan berikan contoh yang baik bagi masyarakat seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim yang rela memberikan hartanya satu-satu untuk di kurbankan,” ujarnya.

Dikatakan, jika hal ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka masyarakat akan hidup damai. “ Kalau diterapkan seperti itu, sudah pasti kita hidup damai, selalu bekerjasama, dan selalu dipakai dimana saja,” ucapnya. *