Paskibraka Dikukuhkan Gubernur Papua Barat

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2018 oleh pemerintah Provinsi Papua Barat yang langsung dipimpin oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan/Alberth

MANOKWARI- Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2018 oleh pemerintah Provinsi Papua Barat yang langsung dipimpin oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. 

Bertindak sebagai pembina upacara, Gubernur mengukuhkan Paskibraka di Gedung Utama DPR Papua Barat, Kamis (16/8). Pengukuhan itu dilaksanakan sebelum pada tanggal 17 Agustus 2018 Paskibraka ini akan mengibarkan sangsaka merah putih.

Pembacaan pengantar ikrar Paskibraka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Barat, Istiyono. 

Dalam pembacaaan ikrar itu, kata Istiyono, dengan perbuatan dan perkataan serta bertanggungjawab sebagai pembela sang sangka merah putih. 

Dilanjutkan dengan ikrar Putra Indonesia yang dibacakan Kadispora dan diikuti peserta Paskibraka dan mencium bendera merah putih oleh Paskibraka.

Kemudian dilanjutkan pemasangan atribut Paskibraka secara simbolis oleh Gubernur Papua Barat. 

Amanat Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada acara pengukuhan Paskibraka Papua Barat 2018 mengatakan, pada saat ini pengukuhan Paskibraka merupakan momen dimana senbagai generasi bangsa dan harus menjadi diri sendiri.

Pengukuhan ini bermakna dan rela berkorban demi sang sangka merah putih. Pada pengkuhan ini harus melihat kembali sejarah bangsa ini. 

"Malam ini bentuk implementasi pemuda dalam membela bangsa dalam mengawal kebangasaan. Oleh karena itu suatu kebangaaan dan rasa nasionalisme melalui Paskibraka" pesan Gubernur

Apalagi peserta Paskibraka merupakan utusan dari kabupaten, kota se Papua Barat yang akan bekerja dan mengibarkan sangsaka akan melakaanakan tugasnya di puncak HUT RI ke  73 pada tanggal 17 Agustus 2018.

Pantauan wartaplus.com pengukuhan Paskibraka dihadiri Gubernur Papua Barat dan Wagub, perwakilan orangtua, Pimpinan OPD, Forkopimda Papua Barat. *