Gempa 4,7 SR Guncang Sorong

Gempa bumi tektonik mengguncang Kota Sorong, Papua Barat Kamis (16/8) dini hari/Istimewa

SORONG,-Gempa bumi tektonik mengguncang Kota Sorong, Papua Barat Kamis (16/8) dini hari.Hasil analisis BMKG melalui rilisnya menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 00:01:39 WIT dengan kekuatan 4.7 SR dan Pusat gempabumi terletak pada koordinat 0.7 LS-131.6 BT tepatnya 43 Km TimurLaut Kota Sorong-Papua Barat pada kedalaman 10 Km. 

Berdasarkan laporan masyarakat dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di Kota Sorong. Hal ini sesuai dengan hasil analisis peta guncangan gempabumi (shakemap) BMKG dimana guncangan ini berpotensi dirasakan dengan intensitas I-II SIG-BMKG (II-III MMI) di Kota Sorong dan Sekitarnya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif Sorong. 

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Abraham F. Mustamu, menjelaskan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami. 

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan dari BPBD serta informasi dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi yang terjadi tidak borpetensi Tsunami.