HYU: Ospek Uncen Memalukan dan Menyimpang dari Ideologi NKRI

Ketum Gerakan Rakyat Cinta NKRI, Hendrik Yance Udam (kedua dari Kanan)/Ridwan

JAYAPURA,- Pra Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek) bagi mahasiswa baru di Universitas Cenderawasih, Senin (13/8) lalu, dianggap tidak sesuai dan menyalahi aturan yang telah ditetapkan dalam kementrian pendidikan lantaran adanya atribut bintang kejora serta Pemahaman idiologi yang bertentangan dengan Nilai dasar Negara Republik Indonesia. Aksi ini mendapatkan protes keras dari berbagai forum termaksud dari Forum Gerakan Rakyat Cinta NKRI.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta NKRI, Hendrik Yance Udam menganggap Ospek yang dilakukan di Universitas Cenderawasih sangatlah memalukan serta tidak memiliki konsep Ospek atau PKKMB (Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang sudah berlaku sesuai aturan yang ada serta sangat menyimpang dari idiologi NKRI.

“Saya sebagai anak bangsa sangat prihatin dengan fenomena yang terjadi   dimana saya harap ada ketegasan dari pihak Uncen terkait adanya atribut BK dan pemberian pemahaman idiologi yang bertentangan dalam sopek yang berlangsung,” tegasny kepada pers di Jayapura, Selasa (14/8) sore.

Menurut Yance, Uncen merupakan lembaga pendidikan tertinggi di Papua serta lembaga pendidikan kebanggaan orang Papua namun dengan aksi tersebut sangat memprihatinkan dan sangat menyimpang. Mengingat Uncen saat ini telah disusupi dengan Organisasi organisasi yang bertentangan dengan NKRI.

“Tujuan didirikannya Uncen adalah untuk mendidik putra terbaik bangsa untuk menjadi pemimpin. Kalau sudah sampai disusupi oleh idiologi tersebut kami sangat prihatin sebagai anak bangsa,”sesalnya.

Yance berharap agar Rektor Uncen tidak tinggal diam melihat apa yang terjadi melainkan mencari solusi agar nantinya hal seperti ini tidak membias dan terulang serta menjadi ancaman. Aksi ini juga  sangat mencoreng nama besar universitas Cenderawasih.

“Kami meminta kepada Rektor agar tegas mengevaluasi hal ini dan dapat memanggil Dekan dari masing masing fakultas, Kalau memang tidak mampu, maka kami bisa bilang Uncen tutup saja,” tegas pintanya

Dirinya pun menambahkan terkait dengan adanya Atribut bintang kejora dan pemahaman idiologi yang bertentangan dengan NKRI adanya tidak tegas dari pihak kepolisian.

“Kami meminta agar penegak hukum dalam hal ini Polda Papua dan Polres serta dari  TNI untuk mengusut aktor intelektual serta panitia ospek mahasiswa baru tersebut dipanggil dan mempertangung jawabkan  aksi yang dilakukan termaksud mencoreng nama baik uncen  sebagai  lembaga tinggi pendidikan di tanah Papua,” pintanya lagi

Sementara itu Rektorat Uncen mengakui adanya intervensi kelompok tertentu dalam PKKBMB yang dilaksanakan beberapa hari ini di lingkungan Kampus Uncen, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

“Kelompok tertentu ini menerapkan aturan kepada mahasiswa baru untuk membawa atribut Bintang Kejora dan menyanyikan yel-yel yang bertentangan dengan ideologi negara,” ungkap Rektor Uncen, Apolo Safanpo dalam jumpa persnya kepada sejumlah wartawan, Selasa (14/8) siang.

Kata Apollo, kelompok yang ia maksud menyusup ke tiga fakultas yang ada di Uncen, yakni Fakultas Teknik, Fisip, dan MIPA.

"Ini bertentangan dengan visi dan misi Uncen dan nyata pelanggaran. Bahkan kelompok ini menghadirkan pemateri dari luar yang belum kita ketahui latarbelakangnya, lalu menyebarkan ideologi yang bertentangan dengan NKRI," bebernya.

“Jika ditemukan tindakan pidana dan kriminal yang bertentangan dengan ideologi negara, maka akan berhadapan dengan pihak yang berwajib," tegasnya.

Diketahui sebelummya, para mahasiswa baru Uncen ini dalam selebaran panitia PKKMB, diwajibkan membawa papan nama berukuran 30 X 20 centimeter yang bertuliskan identitas diri mereka ditambah kata “Referendum” di bagian bawahnya. Bahkan beberapa hari ini beredar video yel-yel mahasiswa Uncen di media sosial yang diduga menyampaikan ujaran Papua Merdeka.*