534 Sekolah Rusak Akibat Gempa Di Lombok

Net

WARTAPLUS - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan dampak gempa Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, menyebabkan 534 sekolah rusak. Akibatnya, keberlangsungan proses pembelajaran di sekolah-sekolah terdampak menjadi tidak optimal.

"Kami kirim bantuan kemanusiaan sesuai dengan fokus di bidang pendidikan. Sudah kirim tenda kelas darurat untuk ruang belajar sebagai pengganti ruang kelas. Jumlahnya 64 unit kami kirim," kata Muhadjir di Malang, Minggu, 12 Agustus 2018.

Muhadjir mengatakan puluhan unit tenda kelas darurat dikirim agar proses belajar siswa korban gempa tetap berjalan. Jumlah 534 sekolah rusak itu terdiri dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

"Ada 534 sekolah rusak (SD hingga SMA) untuk pembangunan kembali akan dilakukan oleh Kementerian PUPR. Kemendikbud hanya menjamin, memastikan bahwa siswa tetap belajar meski sekolah tidak bisa digunakan. Karena itu kami siapkan ruang kelas darurat berupa tenda," ujar Muhadjir.

Muhadjir menyebut, untuk sementara waktu pemerintah akan membangun sekolah darurat dari tenda dan bangunan semi permanen. Selanjutnya pemerintah akan membangun sekolah yang rusak agar para siswa dapat kembali bersekolah di dalam gedung yang nyaman.

"Untuk jangka panjang pemerintah akan membangun sekolah darurat atau semi permanen, sebelum sekolahnya dibangun kembali," tutur Muhadjir.

Rencananya, Senin besok, 13 Agustus 2018, Kemendikbud akan mengirim berbagai keperluan sekolah, mulai dari keperluan sekolah anak, seragam, hingga buku pelajaran. Sedangkan untuk para pengajar korban gempa Kemendikbud akan melakukan pemulihan trauma.

"Guru sedang kami data yang menjadi korban di sana. Juga kami kirim guru untuk trauma healing (penyembuhan trauma), termasuk ada guru dari luar daerah untuk dirop, terutama untuk guru yang masih trauma saat ini sedang kita data. Kalau Kemensos itu kan untuk orang umum. Untuk siswa sekolah trauma healing dari Kemendikbud," kata Muhadjir.