Sambut HUT Kemerdekaan, Yonif 751/Rider Bentangkan Bendera Raksasa di Sentani

Ratusan orang terlibat dalam pembentangan bendera merah putih di perbukitan Ifar Gunung Sentani/Istimewa

SENTANI,– Dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI ke-73, Yonif 751/Rider bersama forkopimda dan elemen masyarakat di Kabupaten Jayapura membentangkan bendera merah putih berukuran 120x80 meter di wilayah Perbukitan Ifar Gunung, Kamis (9/8).

Komandan Yonif 751/Rider, Letkol Inf Tunggul Jati, menyatakan, pembentangan ini merupakan partisipasi generasi muda Papua dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

”Sebagai generasi muda, kita ingin berpartisipasi dalam peringatan hari kemerdekaan kita yang ke-73. Bendera yang dibentangkan ini sebagai simbol bahwa kita sebagai generasi muda ingin ambil bagian mempertahankan kemerdekaan sekaligus mengisi kemerdekaan itu,” katanya kepada pers di Sentani, Jumat (10/8) sore.

Dikatakan, untuk membentangkan bendera tersebut, pihaknya membutuhkan sedikitnya 500 orang untuk membantu. “Kita melibatkan sedikitnya 500 orang. Karena bendera ini cukup besar,” ujarnya.

Menurut Danyon, alasan pihaknya memilih daerah perbukitan Ifar Gunung, karena daerah tersebut merupakan jalur strategis, dimana masyarakat yang datang dari luar Papua menuju Kota Jayapura dapat melihat langsung bendera tersebut.

“Kota Sentani adalah pintu gerbang Papua, siapa saja yang datang dari luar Papua pasti melalui Sentani, untuk itu kami bentangkan disitu supaya bisa dilihat oleh semua orang yang datang ke Kota Jayapura, maupun masyarakat kita disini juga bisa melihat itu,” bebernya.

Lebih lanjut disampaikan, bendera raksasa tersebut akan dipasang selama 30 hari ke depan, hingga perayaan HUT kemerdekaan RI selesai digelar.

“Kami akan bentangkan selama 30 hari ke depan. Kami harap tidak ada halangan hingga hari ke-30 nanti,” ucapnya.

Selain membentangkan bendera merah putih raksasa, Tunggul Jati menyampaikan bahwa pihaknya juga akan melakukan pagelaran budaya menyambut HUT kemerdekaan RI ke-73.

“Kita juga melakukan pagelaran budaya bersama sejumlah sanggar tari di sekitar Sentani dan berkolaborasi dengan anggota kita,” tandasnya.

Hadir dalam acara pembentangan bendera merah putih, Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro, Koamndan Satuan Brimob Polda Papua Kombes J. Runtini, Kapolres Jayapura AKBP Victor D. Mackbon, Danyon 751/VJS Letkol Inf. Tunggul Jati,Perwakilan Marinir Letda Mar. Syai, dan Asisten I Setda Jayapura Abdul Rahman Basri. *