Kini Sudah Beredar Beras Sachet di Tangerang

istimewa

WARTAPLUS - Perum Bulog Sub Divisi Regional Tangerang mendistribusikan beras dalam kemasan atau sachet di beberapa wilayah Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, Banten.

Menurut Kepala Sub Divisi Regional Bulog Tangerang, Junaidi, beras sachet yang dibanderol dengan harga Rp2.500 dan seberat 200 gram itu belum didistribusikan secara umum.

"Sejauh ini masih melalui RPK (Rumah Pangan Kita) atau beberapa pasar lingkungan di Tangerang yang bekerja sama antara Bulog dan PD Pasar," katanya pada Kamis, 2 Agustus 2018.

Pendistribusian untuk di Kabupaten Tangerang hanya di RPK di beberapa kecamatan, seperti Rajeg dan Sepatan. Sedangkan di Kota Tangerang berada pada pasar lingkungan yang memang tersebar pada 13 kecamatan.

Distribusi di wilayah Tangerang Selatan menyusul karena sejauh ini belum ada permintaan. Namun di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, kata Junaidi, masyarakat mulai antusias meski masih sebatas coba-coba sejak didistribusikan pada dua pekan lalu.

Beras yang dijual dalam bentuk kemasan renceng itu memiliki kualitas premium dan untuk segala kalangan. Berbeda dengan beras untuk masyarakat miskin atau rastra (beras sejahtera), yang memang untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah dan kualitasnya sedang atau medium.

Sejauh ini Bulog wilayah Tangerang hanya mendistribusikan sesuai dengan permintaan karena minat masyarakat belum tinggi. "Kalau minat tinggi tentunya seluruh pasar di Tangerang kita distribusikan beras sachet, hal ini tujuannya untuk mengatasi persoalan ekonomi di mana masyarakat mudah mendapatkan beras dengan harga murah."