Surya Paloh: Lukmen Adalah Pasangan Terbaik yang Dimiliki Papua

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh saat menyampaikan orasi dalam kampanye akbar pasangan LUKMEN di lapangan Theys Eluay, Kamis (1/3)/Fendi

SENTANI,– Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh mengatakan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal adalah pasangan terbaik yang mampu membangun Papua.

“Inilah pasangan yang terbaik yang dimiliki bumi Papua saat ini, dan itu harus meneguhkan hati, jiwa dan semangat kita bersama dalam satu kesatuan, satu pandangan untuk memajukan bumi Papua, karena bumi Papua memberikan energi kepada saudara-saudaranya di bumi persada tanah air,” kata  Surya Paloh saat orasi politiknya dalam kampanye terbuka LukMen yang berlangsung di Lapangan Theis Eluay, Kamis (1/3).

Menurut Surya, Papua adalah bagian tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga jika ada yang masih menganggap Papua dengan sebelah mata dan berpikir kurang sehat mengenai Papua, maka orang-orang tersebut akan terpinggirkan.

“Tidak ada alasan untuk menyatakan bahwa Papua ini seolah-olah ingin memisahkan diri dari pada NKRI, itu adalah bohong dan fitnah. Namun itu dengan catatan, selama semangat seia sekata dalam semangat persaudaraan sebangsa setanah air tetap terjaga, maka Papua akan menjadi bentengnya nusantara, bentengnya NKRI,” ujarnya.

Dikatakan, Indonesia adalah negara yang strategis karena secara geografis diapit oleh samudera besar, benua besar dengan garis pantai lebih dari 92 ribu KM, dengan jumlah penduduk Empat terbesar dunia, sehingga jangan samakan pemikiran yang besar dengan sekelompok orang yang berpikiran sempit.

“Ini bukan bangsa kecil, ini bukan bangsa ecekecek, ini adalah bangsa yang besar, tetapi menjadi kecil karena cara berpikir dari sejumlah kelompok orang yang coba bermain api dan akan terbakar dengan sendirinya,” ungkapnya.

“Saya titipkan harapan ini kepada saudara-saudara saya di Papua, sakitnya saudara saya di Papua sama seperti sakitnya saya. Saya katakan ini berpuluh-puluh tahun lalu bahwa saya saudara kandung dengan saudara saya di Papua,” ujarnya.

Surya Paloh pun berpesan kepada Partai Nasdem yang ada di Papua guna berjuang untuk Papua, untuk Lukmen dan selanjutnya untuk Nasdem, karena itu lebih berharga. Indonesia butuh komitmen dengan semangat kebangsaan.

“Perjuangan pertama berjuang untuk Papua, bukan berjuang untuk NasDem, tapi berjuang untuk Ppaua baru partai Nasdem, karena Itu lebih berharga. Indonesia membutuhkan komitmen semngat kebangsaan,” paparnya.

Surya Paloh mengaku mengenal Lukas dan Klemen cukup dekat, bahkan menganggap keduanya sebagai adiknya, sehingga ia akan bangga jika keduanya berhasil.

“Kalau mereka berhasil pimpin Papua priode kedua, maka tidak ada yang lebih bangga diluar dirinya kecuali diri saya pribadi, dan saya minta Lukmen tidak boleh gagal, sehingga mari berikan dukungan lahir dan batin untuk Lukmen, itulah dukungan yang mulia, bukan karena retorika teriakan semata, tapi jiwa kita ada keiklasan untuk mereka, dan itu didukung dengan doa, dukungan dan kekompakan bersama dan koalisi Parpol pendukung dengan pemikiran hebat, dan saya nyatakan bumi Papua menjadi saksi mereka akan dilantik sebagai gubernur dan wakil periode II,” ungkapnya.

Lanjut Surya, Papua membutuhkan stabilitas pembangunan yang merata, untuk itu dibutuhkan kemandirian dan percaya diri, untuk itu maka rakyat Papua perlu berpikir dengan semnagat percaya diri dan tidak bergantung dengan orang lain.

“Resepnya adalah tidak mempermainkan akal sehat, itulah gerakan perobahan (restorasi), merubah cara pikir kita, saya mau rakyat Papua menjadi pionir gerakan perubahan, bahkan harus mampu menjadi contoh bagi saudara-saudara di seluruh persada tanah air,” jelasnya. [Fendi]