Basarnas Jayapura Berencana Bangun Pos SAR di Yahukimo

Pejabat Basarnas Pusat dari Biro Umum yakni H. Kamil, didampingi Kepala SAR Jayapura, Putu Arga Wijaya bertemu dengan Bupati Yahukimo, Abock Busup di Bandara Nop Goliat Dekai Yahukimo/Istimewa

JAYAPURA,– Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura, berencana untuk membangun Pos SAR di Kabupaten Yahukimo dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura, Putu Arga Wijaya usai mendampingi komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Yahukimo, Rabu (1/8).

Menurut Putu, Kabupaten Yahukimo memiliki bandara pengumpan yang mampu menghubungkan bandara-bandara kecil di wilayah pegunungan Papua, sehingga hal ini menjadi pertimbangan SAR Jayapura untuk mendirikan pos SAR.

“Dilihat dari lokasi dan perkembangan ekonomi, Kabupaten Yahukimo sangat strategis untuk di dirikan pos SAR baru. Tapi sebelum di dirikan, tentu kita akan membuat kajian terlebih dahulu,” kata Putu kepada Wartaplus.com, Rabu malam.

Katanya, apabila pos SAR dibangun di Yahukimo, akan membantu operasi SAR di Yahukimo dan sejumlah wilayah di pegunungan Papua.

“Apabila terjadi musibah di daerah pegunungan terutama penerbangan, maka Basarnas Jayapura dapat menggerakkan tim dari Pos SAR terdekat sehingga efektifitas dan respon time Operasi SAR tercapai,” ujarnya.

Putu menambahkan, dengan adanya pos SAR di Yahukimo, maka kejadian seperti tahun 2012 lalu tidak terulang lagi.

“Musibah penerbangan pernah terjadi di Kabupaten Yahukimo tahun 2012 dan 2013, namun karena tidak ada pos SAR disini, sehingga harus menunggu personil SAR yang dikirim dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura,” jelasnya.

Jika pembangunan pos SAR Yahukimo jadi dibangun, maka Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura akan memiliki 4 pos SAR, yakni pos SAR Sarmi, pos SAR Wamena, dan pos SAR Pegunungan Bintang. *