KNPI Kabupaten Jayapura Akan Disatukan Melalui Musdalub

Puluhan perwakilan OKP se-Kabupaten Jayapura usai mengikuti rapat konsolidasi antara OKP di Sentani/Fendi

SENTANI,– Dualisme kepemimpinan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Jayapura versi Kongres Papua dan KLB Jakarta yang selama ini terjadi mencapai titik jenuh bagi seluruh organisasi kepemudaan (OKP) di Kabupaten Jayapura.

Oleh karena itu, seluruh OKP di Kabupaten Jayapura bersepakat untuk menyatukan KNPI di Kabupaten Jayapura, sehingga tidak lagi dua, tetapi bisa menjadi satu sehingga kedepan dapat membina kader-kader pemuda di bumi Kenambai Umbai lebih baik lagi.

Sekretaris Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten Jayapura, Aris Kreuta mengatakan bahwa selama ini pembinaan terhadap pemuda tidak berjalan di Kabupaten Jayapura, maka pihaknya berinisiatif untuk menyatukan dua kubu KNPI di Kabupaten Jayapura, sehingga bisa menjadi satu KNPI.

"Kami dari MPI dari dua kubu mengambil inisiatif untuk melakukan rapat konsolidasi, sehingga ada 70-80% OKP sepakat untuk penyatuan KNPI di Kabupaten Jayapura," katanya usai memimpin rapat konsolidasi antara OKP di Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu.

Sementara itu, Ketua MPI Kabupaten Jayapura versi Kongres KLB Jakarta, Jimmy Yoku memberikan apresiasi penuh kepada seluruh komponen pemuda yang telah hadir untuk menyepakati menjadi satu dalam wadah berhimpun KNPI di Kabupaten Jayapura.

"Kami tetap menyatakan sepakat dan mengawal proses ini sampai kepada Pemeirntah, sehingga KNPI di Kabupaten Jayapura bisa menjadi satu dan tidak ada dualisme lagi KNPI di kabupaten ini," ujarnya.

Jimmy melihat dengan adanya kesepakatan dari semua OKP, maka hal ini menjadi sebuah momentum yang baik, guna mempersatukan kembali pemuda melalui wadah KNPI di Kabupaten Jayapura yang selama ini berjalan sendiri-sendiri, baik KNPI versi Kongres Papua maupun KNPI versi KLB Jakarta.

"Kami harapkan melalui penyatuan KNPI ini, maka kedepan proses-proses pembangunan, terutama pembangunan kepemudaan bisa berjalan dengan baik nantinya," ucapnya.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah bisa menseriusi dan menindaklanjuti proses ini, sehingga KNPI bisa menjadi satu di Kabupaten Jayapura," sambungnya.

Senada dengan itu, Ketua panitia Musdalub KNPI Kabupaten Jayapura, Eymus Weya menyatakan bahwa kedua belah pihak dari dualisme KNPI dan seluruh OKP sudah menyepakati, sehingga musyawarah luar biasa (Musdalub) KNPI Kabupaten Jayapura akan digelar pada tanggal 16 dan 17 Maret 2018 mendatang.

"Selama dua minggu tiga ini kita akan lakukan konsolidasi dan persiapan, sehingga Musdalub KNPI di Kabupaten Jayapura bisa berjalan dengan baik dan lancar nantinya," ujarnya. "Setelah kita adakan Musdalub, maka tidak ada lagi dualisme KNPI di Kabupaten Jayapura, tetapi KNPI sudah menjadi satu," tutupnya. [Fendi]