Peringati HUT ke-46 Tahun, SAR Jayapura Diminta Tingkatkan Kualitas dan Profesionalisme

Upacara peringatan HUT ke-46 SAR Jayapura dihadiri oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang bertindak sebagai insperktur upacara/Fendi

SENTANI,- Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura memperingati HUT Basarnas ke-46 tahun dengan menggelar upacara yang dipimpin langsung Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, di halaman kantor SAR Jayapura, Rabu (28/2) pagi.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, kepada wartawan usai upacara, mengharapkan agar SAR Jayapura terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme, untuk melakukan evakuasi terhadap korban-korban kecelakaan yang terjadi di wilayah kerjanya di 16 kabupaten/kota di Papua.

"Saya pikir kualitas dan profesionalisme anggota SAR Jayapura harus terus ditingkatkan,” kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, Rabu (28/2).

Selain itu, Mathius mengharapkan agar sinergitas dan kerjasama antara berbagai pihak, baik TNI-POLRI dan pemerintah daerah terus ditingkatkan dalam rangka kinerja untuk melakukan pencarian dan pertolongan di wilayah kerjanya ke depan.

"Upaya-upaya kemanusiaan ini merupakan tanggungjawab semua pihak. Oleh karena itu, komunikasi, koordinasi, dan kerjasama sangat penting dengan semua pihak, karena pihak Basarnas yang harus di depan pada saat melakukan pencarian dan pertolongan," ucapnya.

Menurutnya, sejauh ini Kantor Pencarian dan Pertolongan di Jayapura sudah proaktif dalam berbagai kegiatan, bukan saja yang berkaitan dengan masalah-masalah kecelakaan, tetapi SAR Jayapura juga ikut berpartisipasi menyediakan tenaga dan fasilitas untuk mengantisipasi dalam kegiatan-kegiatan besar yang diselenggarakan di Kabupaten Jayapura maupun Provinsi Papua. "Kita berharap ke depan terus meningkatkan sinergitas dengan berbagai pihak," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura, Melkianus Kotta menyatakan bahwa dalam momentum Hut Basarnas ke 46 ini, pihaknya di Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura akan meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehari-hari di wilayah kerja SAR Jayapura.

"Kami akan lebih meningkatkan respon sesuai dengan tugas dan fungsi kami sebagai Kantor Pencarian dan Pertolongan di wilayah kerja yang ada di Jayapura," ujarnya.

Dikatakan, di bulan Maret ini pihaknya akan melakukan pelatihan-pelatihan kepada semua potensi SAR yang ada di wilayah kerja SAR Jayapura, sehingga kedepan bisa secara cepat dan tepat melakukan tugas dan fungsi secara baik.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih tahu tentang tupoksi dan Basarnas dan ke depan lebih berhati-hati melaksanakan kegiatan di laut maupun di darat," harapnya. [Fendi]