Pesawat Twin Otter Ditembaki OTK di Nduga Papua

Pesawat penumpang Twin Otter Dimonim Air PK-HVU yang ditembak/Istimewa

JAYAPURA,–Sebuah pesawat penumpang Twin Otter Dimonim Air PK-HVU rute Timika- Nduga ditembaki orang tidak dikenal saat hendak mendarat di Bandar Udara Kenyam Kabupaten Nduga, Jumat (22/6) siang.

Dalam insiden penembakan tersebut tidak ada korban jiwa, namun terdapat satu korban luka akibat terkena serpihan peluru yakni Co Pilot yang diketahui bernama Irena Nur Fadila (25). Selain itu juga badan pesawat dibagian depan sebelah kanan lubang akibat terkena tembakan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM.Kamal menuturkan kronoligis kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIT dimana pesawat Twin Otter Dimonim Air PK-HVU yang dipiloti Capt. Kasta Gunawa dan Co-Pilot Irena Nur Fadila dan  membawa 17 penumpang  rute Timika-Kenyam. Namun setibanya dilandasan bandara pesawat tersebut ditembaki oleh OTK yang mengenai badan pasawat dan melukai Co Pilot.

“Atas kejadian tersebut, pilot melaporkan pada aparat keamanan TNI-Polri yang kebetulan sedang berada di Bandara Kenyam yang pada saat itu sedang menunggu kedatangan personel Brimob Sat Pelopor Mabes Polri yang akan memback up pengamanan Pilgub Papua Tahun 2018,” jelasnya.

Kata Kamal , Kapolred Nduga AKBP Leonard Akiobarek, Mayor Inf Rodiko Nainggolan (Pabung Nduga), dan Bripka Muthalib Litiloly (Kapos Pol Keneyam) beserta 10 aparat keamanan  gabungan TNI
-Polri tiba di lapangan parkir pesawat dan melakukan pengamanan di kawasan bandara serta memeriksa dampak dari aksi penembakan.

“Setelah dilakukan penanganan medis terhadap Co Pilot dan pengecekan terhadap kondisi pesawat, kemudian pada pukul 13.45 WIT, pesawat Twin Otter Dimonim Air PK-HVU lepas landas menuju Timika dengan tidak membawa penumpang. Sementara saat ini situasi di Kabupaten Nduga dalam keadaan aman dan kondusif,” jelasnya.*