9 Unit Ruko dan 1 Cafe di Nabire Ludes Dilahap Si Jago Merah

Tampak api yang masih berkobar membakar deretan ruko milik H.Fikri Alam di jalan kusuma bangsa Nabire, Selasa (07/05/2024) dini hari/Humas Polda Papua

NABIRE, wartaplus.com – Sebanyak 9 unit rumah toko (ruko) dan satu cafe ludes yang berada di jalan kusuma bangsa Nabire ludes dilahap api pada Selasa (07/05/2024) dini hari.

Lima unit ruko diketahui milik H.Fikri Alam yang disewakan untuk usaha toko bangunan, kedai es, penjualan hp dan cafe.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.kom saat dikonfirmasi Selasa mengatakan, berdasarkan keterangan pemilik ruko (korban) sekira pukul 2 dini hari, ia mendengar bunyi ledakan dari bagian dapur ruko yang ditempatinya.

"Ledakan itu membuat korban terbangun dan langsung mengecek ke arah sumber ledakan dan ia melihat beberapa bagian dapur telah terbakar. Kemudian korban dengan cepat membangunkan keluarganya dan meminta bantuan warga sekitar,” jelas Benny.

Sementara itu, AKBP Wahyudi Satriyo Bintoro, S.H., S.I.K., M.Si selaku Kapolres Nabire menambahkan, personel yang mendapati laporan tentang kejadian itu kemudian bergegas menuju lokasi kejadian menggunakan Mobil Water Canon.

“Api berhasil dipadamkan setelah kurang lebih 3 jam dilakukan penanganan. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai 2 Miliyar Rupiah,” terangnya.

AKBP Wahyudi menyebut, dugaan kejadian tersebut diakibatkan oleh korsleting arus Listrik dan pihaknya akan melakukan Olah TKP guna mengetahui penyebab pasti kejadian itu.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak berlebihan saat menggunakan arus Listrik dan dapat melakukan pencegahan seperti yang telah dihimbau oleh PLN guna menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan,” imbaunya.**