350 Personil Gabungan Disiagakan Amankan Rapat Pleno Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Puncak Jaya

Apel siaga pengamanan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten di Mapolres Puncak Jaya, Sabtu (02/03/2024)/Humas Polres Puja

MULIA, wartaplus.com - Polres Puncak Jaya siagakan sebanyak 350 personil gabungan Polri, TNI dan Satpol PP guna mengamankan jalannya Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu (Pileg dan Pilpres) 2024 tingkat Kabupaten Puncak Jaya.

Pembukaan rapat pleno berlangsung di Aula Sasana Kaonak, kantor Bupati Puncak Jaya, Sabtu (02/03/2024) pagi.
Rapat pleno dihadiri langsung oleh Pj Bupati Puncak Jaya bersama jajaran Forkopimda.

Kapolres Puncak Jaya, AKBP Kuswara, S.H., S.I.K., M.H dalam keterangannya menyebut 350 personil gabungan terdiri dari 140 personel Polres Puncak Jaya, 40 personel Brimob Yon A Polda Papua BKO Puncak Jaya, 130 Personel TNI Gabungan Kodim 1714/PJ, Satgas Yonif Raider 115/ML, Satgas Yonif Raider 753/AVT dan 40 personel Satpol PP Kabupaten Puncak Jaya.

"Dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan kegiatan Sidang Pleno Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan hari ini, kami aparat gabungan TNI-POLRI dan Satpol menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan giat dimaksud," kata Kapolres.

Ia menjelaskan, aparat gabungan tersebut akan ditempatkan pada sejumlah titik yang berada di seputaran Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya tempat dilaksanakan kegiatan Sidang Pleno.



"Pengamanan ketat ini kami berikan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Karena kita ketahui bersama bahwa gejolak ataupun potensi yang ada terkait hasil rekapitulasi suara ini sangatlah besar sehingga dibutuhkannya sistem pengamanan yang benar-benar ketat, kata AKBP Kuswara.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah membentuk Tim Patroli untuk memantau perkembangan situasi yang ada.

"Kami imbau kepada seluruh personel agar tetap mengendepankan sikap humanis dan dialogis terutamanya dalam memeriksa setiap masyarakat ataupun tamu undangan yang ingin menghadiri kegiatan Rapat Sidang Pleno," tegasnya mengingatkan.

Kapolres juga mengimbau dan mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada agar tetap bersama-sama dengan kami menjaga kondusifitas keamanan yang ada. Direncanakan rapat pleno akan digelar 2 hingga  5 Maret 2024.**