Pembukaan Rapat Pleno Penghitungan Suara Aman dan Lancar, Pj Bupati Puncak Jaya Katakan Ini

Pj Bupati Puncak Jaya, Dr. H Tumiran hadiri rapat pleno penghitungan suara hasil pemilu di Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (02/03/2024)/ProkompimPJ

MULIA, wartaplus.com - Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu (pileg dan pilpres) tingkat Kabupaten Puncak Jaya mulai digelar hari ini, Sabtu (02/03/2024) pagi di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati.

Pembukaan rapat dihadiri langsung oleh Pj Bupati Puncak Jaya Dr. H Tumiran, S.Sos, M.AP bersama Forkopimda, KPU dan Bawaslu serta para PPD dan Saksi dari setiap calon dan parpol. Rapat berlangsung dengan pengawalan ketat aparat keamanan TNI Polri.

Dalam sambutannya, Pj Bupati memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, serta Tim PPD, yang akhirnnya bisa melaksanakan pleno penghitungan suara untuk tingkat Kabupetn.

Menurut Bupati, momentum ini mempunyai nilai strategis sekaligus upaya untuk meningkatkan partisipasi Pemilu tahun 2024.

Dirinya optimistis dengan kerja sama berbagai pihak akan memperlancar kegiatan rapat pleno ini sesuai dengan ketentuan dan jadwal tahapan yang telah ditetapkan.

“Apapun keputusannya kita harus menerima, jangan sampai ada konflik di lapangan yang menyebabkan banyak kerugian,” pesan Pj Tumiran.

Ia mengingatkan, dalam tahapan penghitungan tidak boleh melibatkan massa. "Semua sudah dewasa dalam berpolitik, apa yang dicapai harus dihormati dan dihargai bersama," tegasnya mengingatkan.

"Perlu diketahui kami Pemda bersama TNI dan Polri berada di pihak yang netral, Pemerintah Daerah dalam kapasitasnya selalu siap memberikan dukungan agar salah satu tahapan dalam pesta Demokrasi ini bisa sukses sebagaimana yang di harapkan. Kalah dan menang adalah hal yang biasa, kita hanya perlu menerima apapun hasil keputusannya,” tegasnya lagi.

Ketua KPU Puncak Jaya, Marinus berharap situasi dan keamanan di Kabupaten Puncak Jaya tetap aman, damai dan kondusif.
"Perlu diketahui bahwa kami KPU tidak pernah mendengar intervensi dari siapapun,” tegasnya.

Marinus juga mengingatkan terkait pengembalian logistik kotak suara dan dokumen penting lainnya.

"Apabila dari pihak PPD sudah melaksanakan pleno dengan tuntas, maka logistik tersebut harus segera didorong kembali atau dikembalikan ke Gudang Logistik KPU Kabupaten Puncak Jaya," tekannya.

Acara pembukaan berlangsung aman dan lancar. Ini menjadi momentum penting dalam proses demokrasi di Kabupaten Puncak Jaya, di mana hasil penghitungan suara akan diumumkan secara terbuka.

Perlu diketahui bahwa rapat pleno akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 5 Maret 2024. Mengingat ada beberapa PPD yang belum menyelesaikan pleno di Tingkat Distrik dan akan menyusul sesuai dengan berjalannya waktu yang telah ditentukan.(adv/valent)