Pj Gubernur Papua dan Ketua TP PKK Kunjungi Bayi Stunting di Doyo Kabupaten Jayapura

Pj Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun bersama Pj Ketua TP-PKK, Linda Onibala mengunjungi salah satu anak asuh stunting, bayi Julianto di rumahnya kawasan Doyo Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura/Dian Mustika

JAYAPURA, wartaplus.com - Penjabat Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun dan Penjabat Ketua TP-PKK, Linda Onibala mengunjungi salah satu anak asuh stunting, Julianto Enock yang berumur 7 bulan, di rumahnya kawasan Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (27/02/2024) pagi.

Kunjungan Pj Gubernur dan rombongan disambut hangat oleh ibu sang bayi dan keluarganya.

Dalam kesempatannya, Pj Gubernur dan Ketua PKK menyerahkan simbolis bantuan paket ibu dan anak berupa susu dan makanan bergizi lainnya.

Ditemui wartawan usai kunjungan, Pj Gubernur mengaku sangat bersyukur melihat tumbuh kembang anak asuh stuntingnya.

"Sebelumnya waktu November 2023 lalu, berat badannya hanya 3 kg kini telah naik menjadi 5,4 kg. Alhamdulillah progresnya makin bagus," ucap Pj Ridwan.

Pj Ketua PKK Papua, Linda Onibala menambahkan, pihaknya sangat konsisten dalam membantu anak anak stunting di seluruh wilayah Papua. Karena merupakan salah satu program prioritas pemerintah. Salah satunya bayi Julianto yang terus dipantau tumbuh kembangnya.

Linda  menyampaikan terima kasih kepada kader PKK dan tim kesehatan di Kabupaten Jayapura yang telah maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada Julianto.

"Mestinya Julianto ini pada umurnya itu idealnya diatas 6 kilogram, tapi setidaknya sudah ada peningkatan signifikan setelah diberikan susu dan makanan tambahan," tukasnya.

Ia berharap anak asuhnya bisa segera memiliki berat badan ideal sesuai dengan bayi seumurannya.

Lebih jauh ungkap Linda, di setiap Kabupaten/Kota Provinsi Papua terdapat anak yang mengalami stunting. Oleh karena itu selain membantu dalam pemberian makanan bergizi, pihaknya bersama pemerintah Provinsi Papua juga membantu dalam perbaikan sanitasi di rumah setiap anak penderita stunting.

"Kami bantu sanitasi, karena penyebab stunting itu kan bukan dari sejak anak itu dalam kandungan ibunya, tapi karena faktor lingkungan yang tidak bersih juga mempengaruhi. Jadi kita bantu buat MCK dan juga rehab rumahnya," pungkas  Linda.**