Dubes Australia Apresiasi Penanganan Keamanan di Papua Berjalan Baik

Duta Besar Australia, HE Penny Williams/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Duta Besar Australia, HE Penny Williams melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua, Senin (26/02/2024). Salah satu kunjungannya adalah ke Polda Papua.

Kedatangan Dubes Autstralia disambut langsung Kapolda  Papua, Irjen Pol Mathius D. Fachiri yang didamping Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Dr Faizal Ramadhani dan sejumlah Pejabat Utama Polda Papua.

Ditemui wartawan usai pertemuan, Dubes Australia, HE Penny Williams, mengaku sangat mengapresiasi pembangunan di Papua yang cukup maju dan berkembang pesat, serta penanganan situasi keamanan di Papua yang sangat baik.

“Pembangunan di Papua yang berkembang dengan cepat dan penanganan keamanan yang sangat baik ini, merupakan hal yang positif dan tentunya kami memberikan apresiasi,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kerjasama antara Polri dan Australian Federal Police (AFP) selama ini berjalan baik, sehingga ia berharap agar dapat dipertahankan.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengungkapkan, dalam pertemuan ia membeberkan terkait pembangunan dan penanganan keamanan di Papua.

"Pembangunan di Papua telah menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Akses jalan di Papua hampir mencapai 90 persen sudah terkoneksi dan untuk keamanan di Papua sendiri, cukup kondusif dikarenakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sudah jarang melakukan gangguan-gangguan keamanan," ungkap Kapolda.

Kapolda berharap, ke depan perlu ada program pertukaran semacam personil Bhabinkamtibmas.

"Agar sama-sama kita membuka wawasan tentang situasi Daerah Papua dan Australia,” harap Kapolda.**