Pj Gubernur Papua Tengah Hadiri HUT PI di Pulau Mansinam, Serahkan Bantuan Rp1 Miliar dan Speedboat

Pj Gubernur Papua Tengah, Dr Ribka Haluk saat menghadiri perayaan HPI ke-169 di pulau Mansinam Manokwari, Papua Barat, Senin (05/02/2024)/Humas Papua Tengah

MANOKWARI, wartaplus.com - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekabaran Injil ke- 169 di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (05/02/2024).
Dalam momentum itu, Pj Gubernur memberikan bantuan sebesar Rp1 miliar dan satu unit Speedboat (perahu cepat) kepada masyarakat pulau Mansinam.

Dalam sambutannya, Pj Ribka mengungkapkan kerinduannya untuk mempersembahkan bantuan tersebut atas nama masyarakat Papua Tengah dan Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

Ia menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan wujud dukungan dalam memperbaiki situs pekabaran injil yang memiliki nilai historis dan religius yang tinggi bagi masyarakat di Tanah Papua.

“Ini merupakan sebuah kebahagiaan dan kehormatan untuk kami. Perayaan HUT Pekabaran Injil ke-169 di Tanah Papua merupakan momen kebangkitan masyarakat Papua melalui injil yang diperkenalkan oleh Ottow dan Geissler pada tahun 1855,” terangnya.

Meskipun tidak memiliki kekayaan material yang melimpah, Pj Gubernur menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan atas jiwa-jiwa yang rela memberikan nyawa untuk keselamatan orang Papua.

“Tidak ada emas dan perak yang ada pada kami, tidak ada harta benda yang terindah, hanya ucapan syukur yang bisa kami naikkan kepada Tuhan, karena jiwa-jiwa yang rela mati ditanah ini dan mempersembahkan nyawa untuk keselamatan orang Papua,” tegasnya.

Minta Maaf

Selain itu, Pj Gubernur juga menggunakan kesempatan ini untuk meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan oleh masyarakat Papua, termasuk Papua Tengah, dalam melaksanakan ajaran injil. Ia berkomitmen untuk mengintropeksi pekerjaan yang telah dilakukan dan berusaha memperbaiki kesalahan yang terjadi.

“Tentu hari ini kami bangga , buah dari pada pemberitaan injil, banyak diantara kami yang bersekolah tinggi, menjadi pejabat dan memiliki kekayaan yang luar biasa. Ini semua kami peroleh berkat injil Tuhan,” tutur Ribka Haluk.

Pj Gubernur juga menekankan pentingnya menghormati ibu dan perempuan Papua di atas tanah ini. Ia menyebutkaan saat ini di Provinsi Papua Tengah telah dikaderkannya perempuan sebagai Penjabat Bupati Paniai dan tersapat 3 perempuan menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) yaitu Sekda Dogiyai, Puncak Jaya dan Mimika. Ini merupakan contoh kontribusi perempuan dalam memimpin dan membangun tanah ini.



Terakhir ia menyampaikan dengan bantuan yang diberikan dan semangat penghormatan terhadap ajaran injil, situs pekabaran injil di Pulau Mansinam dapat diperbaiki dan menjadi tempat yang lebih baik bagi masyarakat Papua dan wisatawan yang ingin mempelajari sejarah dan nilai-nilai agama di Papua. Sementara itu 1 unit Speedboad bisa digunakan untuk penginjilan di wilayah pesisir Pulau Mansinam.

“Semoga perayaan ini menjadi momentum yang memperkuat persatuan dan kebersamaan umat Kristen di Tanah Papua serta memperkuat nilai-nilai ajaran injil di tengah masyarakat Papua yang kian maju dan berkembang,” harapnya.(adv)