Bupati Intan Jaya dan Rombongan Borong Jualan Mama-Mama di Pasar Sugapa

Pj Bupati Intan Jaya, Apolos Bagai ST saat beli jualan hasil bumi dari mama-mama di pasar Yokatapa, distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada Jumat 2 Februari 2024/Dok Humas Setda Intan Jaya)

SUGAPA,wartaplus.com - Penjabat bupati (Pj) Intan Jaya, Apolos Bagau, ST didampingi Kepala Dinas Catatan Spili, Kesehatan, Penanaman Modal, beserta TNI dan Polri telah bertemu dengan masyarakat di pasar Yokatapa. 

Tujuan membeli hasil jualan mama-mama di pusat Pasar Yokatapa pada Jumat (2/2/2024) adalah demi memberikan kenyamanan pasca kontak tembak sejak tanggal 19 - 24 Januari lalu.

Usai belanja jualan hasil bumi dari mama-mama di pasar, Pj Bupati menjelaskan, belanja jualan masyarakat di Pasar Yogatapa yang  terletak di pusat ibukota Intan Jaya ini bertujuan untuk menekan inflasi, memberikan kenyamanan dan menciptakan suasana yang kondusif pasca kontak senjata di sekitar Sugapa sejak 19 Januari 2024.

"Hari ini saya sebagai penjabat bupati bersama satuan keamanan dan ASN yang ada di Intan Jaya bersama belanja jualan mama-mama di pusat Pasar Yokatapa supaya memberikan motifasi, rasa aman dan ketenangan kepada masyarakat yang belakangan ini hidup dalam ketakutan," jelasnya saat memberikan keterangan di Yokatapa, Sugapa.

Lanjut dia, dengan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat ini diharalkan agar dapat menciptakan suasana kondusif  di tengah masyarakat.

"Kami semua berkomitmen dan bersinergi menciptakan perdamaian pasca konflik dan puji Tuhan hari ini kita bersama hadir dan meramaikan pusat pasar ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Bagau mengatakan, dengan kehadiran pemerintah derah dan ASN di Intan Jaya dapat juga mengatasi isu inflasi yang terjadi.

"Selain menciptakan  suasana damai, dengan cara ini kami juga mengatasi inflasi yang terjadi di Intan Jaya dan nasional pada umumnya,"tambahnya.

Pada kesempatan ini juga  Pj Bupati mengapresiasi usaha dan kinerja semua pihak yang telah memulihkan kembali seluruh aktivitas di Intan Jaya.

"Saya sampaikan apresiasi terutama kepada TNI Polri, ASN yang ada, juga  tokoh-tokoh  gereja, dan semua tokoh masyarakat yang sudah memulihkan daerah intan jaya ini," ucapnya. 

Terkait Pesta Pilkada yang yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024  mendatang, sebagai Penjabat bupati, Apolos Bagau mengajak semua pihak  tetap menjaga keamanan agar Pileg dan Pemilu dapat diselenggarakan dengan baik, lancar dan sukses.

"Pada saat ini saya mengajak seluruh masyarakat, aparat keamanan dan semua tokoh agar tetap menjaga keamanan diri dan daerah agar kita bisa melaksanakan agenda nadional yaitu Pemilu dan Pileg di kabupaten Intan Jaya dengan baik dan sukses," harapnya. 

Turut serta hadir mendampingi Pj bupati, Apolos Bagau, S.T belanja jualan masyarakat si pasar, ibunya Pj bupati, Ny. Ancela Sondegau, S.IP, Kepala dinas Dukcapil, Alpius Nambagani, S.IP, Kepala dinas Kesehatan, Agustinus Bagau, S. KM, Kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu, Fence Patty, S.IP, M.Si, Danramil 1705-08/Sugapa, Letda Inf Ebenhaezer Situmorang dan Kepala Kepolisian Sektor Sugapa Inspektur Dua Polisi Engel Mayor serta ASN yang ada di Sugapa.

Kehadiran Pj Bupati, Apolos Bagau, S.T beserta rombongan di pasar Yogatapa mendapat pujian dan apresiasi dari masyarakat.

"Kami mama-mama yang jualan senang sekali kalau bapa bupati [pemerintah] beli kami punya jualan. Kalau seperti begini terus di daerah ini, kami senang untuk  untuk kerja di kebun dan tanam karena hasil pasti terjual habis," ungkap mama Rio Japugau saat jualannya dibeli oleh  Pj Bupati di pasar Yokatapa. 

Pada pekan lalu, Pj Bupati juga telah turun ke pasar untuk belanja seluruh jualan hasil bumi dari mama-mama.*