Polda Papua dan Trigana Air Teken Kerjasama Pelayanan Penerbangan ke Wilayah Pegunungan

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri didampingi Karo Ops I Ketut Gede Widjatmika dan Manager Area PT. Trigana Air Service Papua, Ahmad Irwan memberikan keterangan pers usai MOU/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Polda Papua menjalin kerjasama dengan PT.Trigana Air Service untuk pelayanan penerbangan personil ke wilayah Pegunungan Papua diantaranya Kabupaten Jayawijaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang dan Puncak Jaya. 

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fachiri dan Manager Area PT.Trigana Air Service Papua, Ahmad Irwan berlangsung di ruang rapat Mapolda Papua lama di Kota Jayapura, Jumat (02/02/2024).

Kapolda Papua kepada wartawan usai penandatanganan MoU mengatakan, luas wilayah hukum Polda Papua cukup luas, dan wilayah tersulit adalah di daerah pegunungan, yang hanya bisa  diakses dengan menggunakan transportasi udara.

"Oleh karena itu, dengan kerjasama ini kita bisa lebih cepat jika terjadi peristiwa (gangguan keamanan,red) yang kami (polri) harus segera hadir disana," ungkap Kapolda.

Menurut ia, selama ini pihaknya agak kesulitan untuk melakukan pergeseran personil terutama ke daerah daerah konflik yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara.

"Kami agak kesulitan bila ada kejadian yang harus kami segera hadir disana, jadi dengan kerjasama ini kita bisa cepat melayani ke daerah-daerah konflik itu," tukasnya.

Lanjut Kapolda, didalam kerjasama ini juga termasuk kerjasama dengan maskapai pesawat kecil yang bisa menjangkau ke daerah sangat terpencil.

"Memang kerjasama dengan Trigana, tapi nanti melalui Trigana, mereka yang akan berkomunikasi dengan penerbangan penerbangan kecil lainnya," terangnnya.

Selaku Kapolda, Fachiri menyampakan ucapan terima kasih atas kerjasama ini.

"Kerjasama ini untuk 2 tahun pertama. Kalau bisa berjalan baik dan bisa berkomunikasi dengan penerbangan lain kita akan evaluasi dan kita akan lanjutkan lagi kerjasama," ujarnya.

Mengawali kerjasama, dalam waktu dekat akan dilakukan pergeseran pasukan untuk pengamanan Pemilu.

"Kita perlu daya gerak untuk menggeser pasukan, tentunya Trigana yang punya Armada cukup mumpuni untuk bisa mengangkut. Kita akan mulai dari pengamanan pemilu yang tinggal 12 hari lagi," terangnya.

Sementara itu, Manager Area PT Trigana Air Service Papua, Ahmad Irwan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda dan jajaran atas kerjasama ini.

"Terima kasih kepada Polda Papua yang sudah memberikan kesempatan kepada kami bekerjasama dan kami siap untuk selalu melayani," ucapnya.

Ia menambahkan, kerjasama ini bukan yang pertamakali. "Dulu pernah ada kerjasama tapi sudah lama sekali. tahun 2009 lalu saat kami masih punya armada pesawat jenis Twin Otter," tukasnya.**