Sebanyak 2.400 Personil Polda Papua Disiagakan dalam Operasi Lilin Cartenz 2023

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fachiri melakukan pemeriksaan pasukan dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Cartenz 2023 di lapangan Brimob Kotaraja, Kamis (21/12) siang/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Kepolisian Daerah (Polda) Papua melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2023 dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, bertempat di Lapangan Satbrimob Polda Papua, Kamis (21/12) siang.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2023 ini dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., dan dihadiri oleh Wakapolda Papua, Brigjen. Pol. Petrus Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Si., Danlantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr.Opsla., Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos..

Juga hadir Kepala BNN Provinsi Papua, Brigjen Pol. Norman Widjajadi, S.I.K., pejabat Forkopimda Papua dan pejabat utama Polda Papua, serta seluruh personel gabungan yang terlibat Operasi Lilin.

Operasi Lilin Tahun 2023 ini digelar selama 12 hari yakni dimulai pada 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dengan melibatkan personel gabungan dari sejumlah lembaga terkait.



Membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Kapolda Papua menyebutkan bahwa momentum Nataru telah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa," ujar Kapolda.

Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.



Pada Nataru kali ini, TNI-Polri serta seluruh stakeholder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcarlantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai.

Oleh karena itu Kapolri meminta seluruh personel terus meningkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena merupakan kunci utama keberhasilan operasi.

"Saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan, jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah," ucap Kapolda menirukan pesan Kapolri.

Setelah apel gelar pasukan selesai, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sarana penanggulangan kecelakaan secara simbolis oleh Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Papua kepada Polda Papua antara lain Rompi 15 buah, Barikade 8 buah dan Traffic Cone A30 buah.**