PAD Award 2023 Papua: Wujud Apresiasi kepada Mitra, SKPD dan Wajib Pajak

Pj Gubernur Papua,M.Ridwan Rumasukun menyerahkan piagam penghargaan kepada Direktur RS Jiwa Abepura, dr Emma Come sebagai salah satu penerimaa retribusi terbesar SKPD Papua/Andi Riri

JAYAPURA, wartaplus.com - Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pendapatan Daerah memberikan PAD Award 2023 kepada SKPD, Mitra dan Wajib Pajak yang telah memberikan kontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Papua.

Acara Penganugerahan PAD Award 2023 Papua digelar di salah satu hotel Kota Jayapura, Senin (11/12) pagi.
Penghargaan diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun.

Kepala Bappenda Papua, Setiyo Wahyudi dalam laporannya mengatakan, pemberian award ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada mitra, SKPD dan wajib pajak, sebagai bentuk pengakuan atas kinerja pencapaian yang telah dihasilkan selama tahun 2023.

"Semoga melalui penghargaan ini dapat memotivasi untuk memacu para SKPD Provinsi Papua, Mitra dan juga wajib pajak agar ke depan dapat mencapi prestasi yang lebih baik lagi, guna meningkatkan penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah di tahun tahun mendatang," ucap Wahyudi.

Di kesempatan itu, Setiyo Wahyudi juga melaporkan bahwa untuk realisasi PAD Papua tahun 2023 telah over target.
Bahwa sesuai target Rp1.177.838.112.117, dan terealisasi Rp. 1.283.324.595.829 atau setara dengan 108 persen. Atau terjadi over target Rp. 105.486.483.712 sampai dengan 8 Desember 2023.

Sementara itu Pj Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun dalam sambutannya mengatakan, Papua memiliki sumber daya yang melimpah dan hampir tidak terbatas, baik yang berupa potensi kekayaan alam, aset maupun sumber daya manusia.

Hanya saja, untuk menjadi sebuah daerah yang maju dengan laju pembangunan yang pesat, maka sumber daya tersebut harus dikelola agar bernilai tinggi. Dengan demikian akan mampu menciptakan kesempatan perubahan dan kesempatan pembangunan pada berbagai bidang kehidupan.

"Untuk memperluas dan dan mempercepat pembangunan maka dibutuhkan peranan membutuhkan peranan SKPD, wirausaha, wajib pajak dan wajib retribusi sebagai agen perubahan untuk berkiprah, baik swasta maupun sektor publik pada sektor.
"Kuncinya adalah mengejar kesempatan untuk mewujudkan perbaikan," kata Pj Ridwan.

Menurut ia, pemberian award ini harus lebih dari sekedar acara seremonial belaka. Tapi harus benar benar mampu memberikan kontribusi dan komitmen berinovasi, untuk bersama sama mewujudkan pembangunan melalui karya nyata.

"Pemberian  penghargaan ini juga dimaksudkan agar di tahun tahun mendatang, menghadapi masa sulit keuangan," ucapnya.

Pemerintah Provinsi Papua dapat tetap berperan dalam meningkatkan pendapatan daerah," ujar Ridwan.

Adapun para penerima Award 2023:
1. Mitra Pajak Daerah Terbaik kategori Terbaik dalam meningkatkan PKB yaitu Direktur Lantas Polda Papua, Kombes Pol Abriantro Pardede dan Kepala Cabang Jasa Raharja Papua, Emil Feriansya Latif dan Direktur Bank Papua

2. Dealer Penyumbang PKB dan BBNKB terbesar yaitu PT. Hasrat Abadi, PT Bosowa Berlian Motor dan PT Astra Motor.

3. Wajib Pajak Air Permukaan yang taat bayar yaitu PT.PLN (Persero) UPK Papua dan Papua Barat, PT Air Minum Jayapura Robongholo Nanwani (Perseroda)

4.Wajib Pungut Penyumbangg PBBKB terbesar yaitu PT. Pertamina Patra Niaga Region Papua Maluku.

Sementara itu untuk SKPD Pengelola Retribusi terbaik dengan kategori:

a. Inovasi dan Revitalisasi Obyek Retribusi diraih Kepala Badan Penghubung Daerah Papua, Alexander Kapisa.

b. Penerimaan Retribusi Terbesar yaitu; Kepala BPSDM, Aryoko Rumaropen, Direktur RS Jiwa Abepura dr.Guy Yana Emma Come, dan Kepala Dispora Tery Wanena serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Solaiyen Murib.

Sedangkan untuk SKPD Berkinerja Baik diraih Kepala dinas PUPR, Amos Wenda, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Robby Kayame, Kepala Bappeda Setiyo Wahyudi, Kadis Perhubungan rekky Douglas Ambrauw dan Kadis Perindag Omah Laduani Ladamay.