Jack Puraro: Persatuan dan Kesatuan Harga Mati

Ketua Paguyuban Pemuda Nusantara Papua Republik Indonesia (PPNP-RI) Jack Puraro/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - Ketua Paguyuban Pemuda Nusantara Papua Republik Indonesia (PPNP-RI) Jack Puraro meminta masyarakat di Papua tidak terpancing dengan bentrok antar masa pendukung Palestina-Israel di Bitung, Sulawesi Utara. 

"Bentrok yang terjadi itu  kesalahpahaman, sehingga kita di Papua tidak usah ikut-ikutan," ucapnya di Kota Jayapura, jumat (1/12) sore. 

Soal Palestina-Israel, kata Jack, dukungan yang diberikan adalah doa, bukannya saling menghasut antar massa pendukung. 

"Dukungan nyata yang diberikan adalah doa, bukan aksi yang berbuntut pada aksi saling sekarang dan memakan korban jiwa," tegasnya. 

Dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat bergandengan tangan menjaga keamanan di Papua, ditengah banyaknya organisasi yang dinilai bertentangan dengan kedaulatan Ngara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Banyak organisasi yang menyuarakan Papua Merdeka. Saya mau tegaskan bahwa Papua adalah Indonesia, dan banyak yang diberikan negara untuk kita di Papua," tegasnya. 

Disamping itu, pada Pemilu serentak 2024 mendatang, Jack juga berharap masyarakat bisa saling menghargai meski berbeda pilihan. 

"Berbeda pilihan itu wajar, namun jangan karena perbedaan itu persatu, kesatuan dan persaudaraan terpecah belah," tegasnya. 

Dalam momentum perayaan HUT ke 1, Paguyuban Pemuda Nusantara Papua Republik Indonesia (PPNP-RI) menyatakan 7 poin deklarasikan damai jelang Nataru dan Pemilu 2024 mendatang. 

Adapun deklarasi damai yang dibacakan yakni

- Papua adalah bagian integral dari NKRI.

-Papua adalah tanah damai dan rumah bersama untuk seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

- Kami menolak tegas segala bentuk diskriminasi rasisme dan tindakan-tindakan anarkis di atas Tanah Papua.

- Kami akan terus mendukung dan mendorong program pemerintah pusat dan daerah dalam rangka percepatan pembangunan di Tanah Papua.

- Kami pemuda dari ujung Nusantara sebagai garda terdepan dalam menjaga stabilitas dan keutuhan NKRI.

- Kami akan mendorong potensi pemuda yang mandiri kreatif dan inovatif dalam mengelola menjaga sumber daya alam Papua.

- Bersama TNI-Polri menjaga keamanan, kenyamanan, ketertiban dan kedamaian menjelang hari raya Natal, tahun baru dan Pemilu 2024.