Pimpin Upacara HUT ke-78 Korps Brimob, Kapolda Papua: Pengorbanan Personel Korps Brimob Melebihi Panggilan Tugasnya

Upacara dalam rangka peringatan HUT ke-78 Korps Brimob Polri tahun 2023 dirayakan di Lapangan Mako Sat Brimob Polda Papua pada Kamis (16/11). Acara yang mengangkat tema "Negara Aman Menuju Indonesia Maju" ini dipimpin oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K selaku Inspektur Upacara/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Upacara dalam rangka peringatan HUT ke-78 Korps Brimob Polri tahun 2023 dirayakan dengan megah di Lapangan Mako Sat Brimob Polda Papua pada Kamis (16/11). Acara yang mengangkat tema "Negara Aman Menuju Indonesia Maju" ini dipimpin oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K selaku Inspektur Upacara.

Pada momen bersejarah ini, hadir pula sejumlah tokoh penting, termasuk Wakapolda Papua, Brigjen Pol Petrus Patridge Rudolf Renwarin, S.H., M.Si, Danrem 172/PWY, Brigadir Jenderal TNI Dedi Hardono, S.I.P, dan Wakaops Damai Cartenz-2023, Kombes Pol Ardiansyah Daulay, S.I.K., M.H. Kesempurnaan acara terlihat dari kehadiran aparat gabungan TNI-Polri, serta pengurus Bhayangkari Daerah Papua dan para purnawirawan Brimob Polda Papua.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., atas nama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, mengucapkan selamat ulang tahun ke-78 kepada seluruh keluarga besar Korps Brimob Polri. 

Dalam amanatnya, Kapolda mengingatkan pentingnya pengabdian Korps Brimob Polri dalam mengawal perjuangan Bangsa Indonesia, yang tercatat sebagai kebanggaan dan kontribusi besar dalam menjaga kemerdekaan.

"Tidak dapat dipungkiri, sepak terjang Korps Brimob Polri menjadi tulang punggung dalam penanggulangan kejahatan berintensitas tinggi dan pengamanan berbagai program pemerintah," ungkap Kapolda.

Ia menambahkan bahwa pengorbanan luar biasa yang dilakukan oleh personel Korps Brimob Polri melebihi panggilan tugasnya. Sebagai apresiasi, sepanjang tahun 2023, Polri telah memberikan berbagai penghargaan kepada anggota Brimob, termasuk KPLB, promosi pendidikan dan jabatan, pin emas, serta piagam penghargaan.

Kapolda juga menyoroti tantangan stabilitas keamanan yang perlu perhatian serius Korps Brimob Polri, terutama dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam hal ini, ia menekankan bahwa soliditas dan semangat korsa adalah kunci utama dalam menyelesaikan berbagai tantangan tersebut.

"Saya berpesan agar rekan-rekan menjadi 'teratai putih', lambang tekad dan kemampuan Korps Brimob Polri dalam mengubah situasi keruh menjadi tenang dan bersih," tutur Kapolda. Ditegaskannya pentingnya menjaga kehormatan institusi serta tetap memegang teguh Janji Brimob Sejati.

Upacara tersebut juga disertai dengan penganugerahan gelar Warga Kehormatan Korps Brimob Polri kepada Wakapolda Papua, Brigjen Pol Petrus Patridge Rudolf Renwarin, S.H., M.Si, yang disematkan langsung oleh Dansat Brimob Polda Papua, Kombes Pol Budi Satrijo, S.I.K., M.Hum.*