Mantan Pemain Persipura Asal Kamerun Maju Caleg DPRD Kota Jayapura 

Foto Bio Paulin Pieree di DCT KPU Kota Jayapura/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Nama Bio Paulin Piere akan selalu dikenang oleh persipura mania sebagai legenda mutiara hitam. Pemain jangkung dengan ciri khas rambut dikepang itu dikenal lugas dan tak kompromi dalam mengawal lini pertahanan persipura selama 10 tahun terhitung dari 2007-2017.

Kehebatannya dalam mengawal lini pertahanan mutiara hitam membawanya meraih banyak prestasi di sepakbola Indonesia, diantaranya dengan meraih tiga kali juara liga dan mengantar Persipura Jayapura ke semifinal piala AFC tahun 2014 lalu.

Kurang lebih sembilan tahun berada di Indonesia, pemain asal Kamerun itu akhirnya dinaturalisasi dengan menjalani pengambilan sumpah janji di Kantor Kementrian Hukum dan HAM Papua tahun 2015 lalu.

Setelah menjalani naturalisasi, Bio Paulin masih memperkuat persipura selama dua tahun hingga akhirnya pindah ke Sriwijaya FC pada tahun 2017 dan ke PSGC Ciamis tahun 2019. Hingga akhirnya gantung sepatu akibat cedera yang menerpa.

Setelah pensiun sebagai pemain, ia pun menekuni dunia kepelatihan dan sempat menjadi pelatih Persitoli Tolikara di divisi 3 dan asisten pelatih Persipura di musim 2022/2023 lalu. Namun pekerjaan itu tak berlangsung lama setelah liga 2 dihentikan oleh PSSI karena tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang yang menelan korban jiwa.

Cukup lama tak terdengar, nama Bio Paulin kembali muncul. Namun kali ini tidak berkaitan dengan bola, malainkan dengan politik.

Pria kelahiran Nanga Eboko Kamerun itu diketahui terdaftar sebagai calon legislatif yang akan bertarung dalam pemilihan legislatif tingkat Kota Jayapura tahun 2024 mendatang. Nama Bio Pauline Pieree masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Kota Jayapura yang ditetapkan oleh KPU pekan lalu.

Mantan pemain Persipura Jayapura itu maju sebagai calon legislatif dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan mendapat nomor urut 11 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) IV wilayah Abepura.

Koordinator Devisi Teknis KPU Kota Jayapura, Semuel Repasi yang dikonfirmasi membenarkan penetapan Bio Paulin Pieree sebagai calon anggota DPRD Kota Jayapura.

“ Benar Pak, untuk Bio Paulin sudah ditetapkan sebagai Caleg DPRD Kota Jayapura. Partai pengusungnya yaitu Gerindra Kota Jayapura," katanya ketika dikonfirmasi pada Rabu (08/11/2023) malam.

Samuel menyebut, berkas yang diserahkan Bio Pauline Pieree seluruhnya memenuhi syarat.

" Pada dasarnya proses seleksi administrasi bakal calon sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku," terangnya.

Bio Paulin lahir di Nanga Eboko Kamerun pada 15 April 1984. Karier sepakbolanya dimulai sejak tahun 2000 dengan memperkuat sejumlah club, diantaranya RC Lens, Union Douala, Mitra Kutai Kartanegara, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC dan PSGC Ciamis. (**)