Empat Kabupaten di Papua Bakal Terapkan Metode Gasing dalam Pembelajaran Matematika

Profesor Yohanes Surya saat memberikan paparan di hadapan Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun dan para Bupati dan Pj Bupati se-Papua/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Empat Kabupaten di Provinsi Papua siap mendorong penerapan metode gasing (gampang, asik, menyenangkan) dalam pembelajaran matematika di setiap sekolah. Empat kabupaten yaitu Kabupaten Mamberamo Raya, Supiori, Waropen dan Keerom.

Ini disampaikan langsung dalam pertemuan para Bupati dengan Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun dan Prof. Yohanes Surya dari Surya Institut, bertempat di ruang kerja Gubernur Papua, Senin (09/10/2023).

Ditemui wartawan usai pertemuan, Prof. Yohanes Surya mengatakan, dengan penerapan metode gasing matematika di satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kompetensi numerasi di Papua. Sebab sejauh ini tingkat kompetensi numerasi di Papua agak sedikit rendah.

“Kita diminta untuk fokus ke Papua karena numerasinya agak sedikit rendah. Jadi kita perlu dorong agar numerasinya naik supaya rata-rata nasional bisa meningkat,” kata Profesor Surya.

Ia pun berharap agar empat pemerintah daerah itu bekerja keras melakukan pengimbasan ke semua pelajar di daerahnya.
Termasuk lima pemerintah daerah yang lebih dulu sudah menerapkan metode gasing matematika di sejumlah sekolah.

“Pertama kan para gurunya mengikuti pelatihan dulu, setelah itu pemerintah daerah harus kerja keras mengimbaskan sendiri. Kita hanya beri pelatihan satu kali saja, yang penting itu pengimbasan dilakukan pemda setempat,” jelasnya.

Selain itu, juga diminta agar pemerintah daerah menyiapkan data pengimbasan di daerahnya. Sebab sampai saat ini belum ada data pengimbasan, walaupun sudah berjalan di beberapa daerah.

“Dalam pertemuan tadi respon pemerintah daerah sangat baik. Semua bupati/walikota sudah siap mengimbaskan. Kita harapkan dengan kesiapan itu terjadi kemajuan kompetensi numerasi di Papua,” tutup Yohanes.**