Pesawat Asian One Bawa Enam Penumpang Tergelincir di Bandara Kenyam Nduga

Kondisi pesawat Asian One yang tergelincir keluar landasan di Bandara Kenyam/Humas Polda Papua

NDUGA, wartaplus.com - Pesawat Asian One dengan nomor registrasi PK-LTF tergelincir di Bandara Kenyam Nduga, Papua Pegunungan pada Senin (09/10/2023) sekitar pukul 11.30 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, menyebut, pesawat tergelincir saat akan take-off dari Bandara Kenyam menuju Timika dengan membawa enam orang penumpang.

" Kronologi insiden terjadi ketika Pesawat ASIAN ONE PK-LTF mendarat dan masuk ke runway 04. Setelah itu, pesawat diarahkan ke kiri untuk melakukan putar balik. Namun pesawat mengalami kendala pada sistem rem sehingga tidak dapat melakukan manuver dengan baik dan akhirnya keluar di ujung runway," kata Benny dalam keterangannya pada Senin petang.

Meski pesawat tergelincir, namun tidak menyebabkan korban jiwa. Tim penyelamat juga sudah berhasil mengevakuasi pesawat dari ujung runway untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab pasti dari insiden tersebut.

" Pesawat ini dipiloti oleh Mahesa Casandhika Riyadi dan ko-pilot Gerry Hoakay dengan membawa 6 orang penumpang. Semua penumpang dalam keadaan selamat," ujar Benny.

Kombes Benny menyebut, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pesawat untuk memastikan penyebab kecelakaan.

" Polda Papua akan terus bekerja sama dengan pihak berwenang dan otoritas penerbangan untuk menyelidiki lebih lanjut insiden ini dan memastikan langkah-langkah preventif diambil untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang," tandasnya. (**)