Danrem 172/PWY Tegaskan Situasi Keamanan di Papua Pegunungan Jelang Kunjungan Wapres Aman Terkendali

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono didampingi sejumlah Pejabat Kodam Cenderawasih saat melakukan pemeriksaan pasukan dalam Apel Pengamanan Kunjungan Wapres, Minggu (08/10)/Penrem172

JAYAPURA, wartaplus.com - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin akan melakukan kunjungan kerja selama 4 hari (9 sampai 12 Oktober) ke Provinsi Papua, Papua Pegunungan dan Papua Selatan .

Orang nomor 2 di republik ini dijadwalkan akan tiba di Jayapura, Papua pada Senin (09/10) esok malam.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Dedi Hardono sebagai Komandan Satgas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil)
menyatakan, sebanyak 1.500 personil gabungan TNI Polri disiagakan, dibantu personil dari instansi pemerintah daerah (Provinsi dan Kabupaten) terkait, untuk melakukan langkah preventif dan antisipatif agar kunjungan Wapres di Papua berjalan aman dan lancar.

Pun dengan pengamanan kunjungan Wapres ke Wamena, Ibukota Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan yang  selama ini dikenal sebagai salah satu daerah rawan konflik sosial.

"Di Papua Pegunungan ada sebanyak 800 personil TNI Polri yang disiagakan," ujar Danrem Dedi kepada wartawan usai memimpin Upacara Gelar Pasukan Pengamanan Kunjungan Wapres, bertempat di lapangan Den Zipur Waena, Kota Jayapura, Minggu (08/10) siang.

Danrem Dedi menegaskan, situasi keamanan baik di wilayah Papua maupun Papua Pegunungan sampai saat ini relatif aman terkendali.

"Sampai dengan hari ini tidak ada hal-hal yang menonjol baik di Papua maupun di wilayah Papua Pegunungan. Tentunya seluruh personil yang tergabung dalam Satgas Pengamanan VVIP, telah disiagakan mulai dari sebelum kedatangan, sehingga pada saat acara dan sesudahnya," tegas Dedi

Lanjut tegasnya, untuk tanggung jawab pengamanan diserahkan sepenuhnya kepada TNI Polri serta jajaran pemerintah daerah.
Oleh karena itu apel gelar pasukan ini sangat penting untuk mengetahui kesiapan personil, alutsista dan seluruh unsur pendukungnya.

"Saya berharap seluruh personil agar melaksanakan tugas PAM VVIP agar mempersiapkan dengan sebaiknya, sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar sesuai harapan kita bersama," harapnya.

Sementara itu terkait dengan agenda kunjungan Wapres, Danrem Dedi menyebut, Wapres  akan berada di Jayapura selama dua hari untuk menghadiri pertemuan dengan  jajaran Pemda Papua, Pegiat HAM, Pengusaha Papua, Tokoh Pemuda serta menggelar Rapat Koordinasi BP3OKP di kantor Gubernur Dok II Jayapura, lalu mengunjungi PYCH dan menghadiri acara di Stadion Lukas Enembe.

Sedangkan kunjungannya ke Wamena Jayawijaya, Papua Pegunungan, Wapres akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor Provinsi Papua Pegunungan dan menghadiri pameran UMKM.**