Ormas Ini Ajak Warga Pegubin Jaga Kamtibmas

Ketua Bintang Sifik Lasarus Kaladana/Istimewa

OKSIBIL,wartaplus.com - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Bintang Sifik yang berkedudukan di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan mengajak warga setempat untuk lebih peduli menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sehingga jalannya roda pembangunan lebih baik lagi.

Hal ini sengaja digaungkan oleh Ketua Bintang Sifik, Lasarus Kaladana guna menanggapi serangkaian aksi gangguan Kamtibmas akhir-akhir ini yang terjadi di Kabupaten Pegunungan Bintang khususnya di sekitaran Kota Oksibil.

Mulai dari aksi penembakan aparat keamanan, penembakan masyarakat sipil dan serangkaian aksi pembakaran fasilitas umum seperti pasar dan sekolah. Lalu, pembakaran kios warga, pembakaran kantor Distrik Serambakon dan pembakaran Perumahan Dinas DPRD. 

Menurut dia, serangkaian aksi ini sepenuhnya dilakukan oleh Kelompok-kelompok yang berseberangan dengan NKRI yang  merupakan tindakan kriminal atau melanggar hukum baik dilihat dari hukum nasional maupun norma-norma hukum adat dan agama.

Jika situasi ini terus terjadi dan tidak mendapat kepedulian baik dari kalangan toko-tokoh intelektual maupun dari masyarakat yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang, dapat dipastikan kedepan akan berdampak pada terjadinya pengungsian, keresahan, penurunan pada bidang perekonomian, kesehatan dan pendidikan.

Serta yang tidak kalah penting dapat berdampak pada terganggungnya aktifitas masyarakat dalam mencari penghidupan dalam hal ini bertani, berternak dan aktifitas kerja lainnya. Sehingga dapat ditegaskan tidak ada kata tidak mungkin akan terjadi kelaparan akibat dampak dari gangguan keamanan tersebut.

"Untuk itu, saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Pegunungan Bintang untuk dapat peduli dan turut serta atau berperan aktif dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif dan damai di tanah yang kita cintai ini,"katanya dalam siaran pers, Kamis (28/9/2023)

“Kalau bukan kita siapa lagi, Kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi. Salah satunya dengan cara tidak mudah terprovokasi atau mendukung gerakan-gerakan dari oknum atau kelompok yang selama ini ingin mengacaukan dan menciptakan keresahan dikalangan masyarakat,"ajaknya.

Menyimak hal itu, Lasarus kembali ajak warga untuk mendukung penuh jalannya roda pemerintahan serta parat keamanan dalam menciptakan situasi yang aman dan nyaman serta kondusif.

"Mari kita dukung pemerintah dan pihak keamanan dalam menjaga kedamaian demi kemajuan perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Pegunungan Bintang," pintanya.*