Kapolda Papua Pimpin Upacara Hut Bhayangkara ke-77, Tegaskan Komitmen Pemilu Damai 2024

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fachiri saat melakukan pemeriksaan pasukan di Upacara Hut Bhayangkara ke-77/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com - Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fachiri memimpin upacara peringatan Hut Bhayangkara ke-77, berlangsung di lapangan Mapolda Papua, Koya Koso, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (01/07) pagi. Upacara berlangsung penuh khidmat dan ditutup dengan atraksi paralayang oleh atlet yang merupakan anggota Polda Papua.

Tampak hadir Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan bersama jajaran Forkopimda Papua, Pejabat Utama Polda Papua, para Tokoh Papua, pimpinan Perbankan dan Instansi Swasta pengurus Bhayangkari, para Warakawuri dan Purnawirawan.

Mengusung tema"Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju", upacara berlangsung dalam suasana penuh khidmat. Usai upacara, dilanjutkan acara syukuran berlangsung di Lapangan Merah Mapolda.

Dalam sambutannya, Kapolda Papua menyampaikan beberapa poin penting, diantaranya ucapan selamat Hari Bhayangkara Ke-77 kepada keluarga besar Polri jajaran Polda Papua.



Di kesempatan itu, Kapolda menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian dan pengorbanan para anggota Polri, dalam menjaga keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, serta memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat di tanah Papua.

"Mari kita juga mendoakan para prajurit Polri yang gugur dalam tugas dan berharap agar mereka diberikan tempat yang mulia di sisi Tuhan," ucapnya.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat dan Forkopimda, atas dukungan dan kepercayaan mereka terhadap kinerja Polri selama ini.

"Pentingnya reformasi total dalam jajaran Polri, dengan selalu berupaya memperbaiki diri untuk menjadi lebih profesional dan modern. Polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks, termasuk kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, dan kejahatan terhadap kekayaan negara," bebernya.

Jaga Persatuan Kesatuan

Kapolda Papua juga mengingatkan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, terutama dalam menyongsong pemilu serentak pada 2024.

Ia berharap agar polarisasi yang memecah belah antar masyarakat atau anak bangsa tidak terjadi lagi pada pesta demokrasi tersebut.

Di akhir sambutannya, Kapolda Papua memohon doa dan restu dari seluruh elemen masyarakat dan Forkopimda Papua agar Polda Papua dan jajarannya dapat melaksanakan tugas menjaga stabilitas kamtibmas, mendukung kebijakan pemerintah, dan memberikan rasa keadilan bagi seluruh masyarakat Papua.

"Bahwa dengan dukungan dari seluruh elemen bangsa, upaya Polri menuju Polri yang Presisi akan berjalan dengan optimal, sehingga Polri bisa dekat dan dicintai oleh masyarakat," kata Irjen Fakhiri.



Perayaan Hut Bhayangkara ke-77 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolda Papua dan Ketua Bhayangkari Daerah Papua, dan diserahkan kepada anggota termuda Bripda Hulda Ramandey (Ba Ditlantas Polda Papua) dan anggota tertua Kompol I Ketut Sukrada, S.H.

Selanjutnya pemberian penghargaan oleh Kapolda Papua kepada anggota Polri Polda Papua dan Warga Negara Sipil Provinsi Papua yang berprestasi.

Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, upacara Hari Bhayangkara Ke-77 di Papua ini menjadi momen penting dalam menyatukan seluruh komponen masyarakat dan meningkatkan sinergi antara Polri dan masyarakat dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan mewujudkan Indonesia Maju.**