Sebanyak 9 Ruko dan 5 Petak Kosan, Dilahap si Jago Merah di Agats Asmat

Personil Polres Asmat berupaya memadamkan api yang menghanguskan ruko dan rumah kosan di Asmat/Humas Polda Papua

ASMAT, wartaplus.com – Sebanyak 9 unit bangunan ruko dan 5 petak kos-kosan di jalan Yos Sudarso, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan hangus dilahap si jago, pada Selasa (06/06) pagi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, saat dikonfimasi wartawan, Rabu (07/06) malam membenarkan musibah kebakaran tersebut.

Ia menjelaskan, dari keterangan saksi yang diperiksa diketahui api berasal  dari salah satu ruko, yang sebelumnya terdengar ledakan keras.

"Kejadiannya sekitar pukul 09.30 WIT, terdengar suara ledakan di salah satu ruko, yang kemudian tidak lama muncul kepulan asap hitam tebal bersamaan dengan api yang menjalar ke bangunan lainnya," ungkap Kombes Benny.

Melihat kejadian tersebut, lanjutnya, saksi langsung memanggil warga untuk memadamkan api dan melaporkan kejadian tersebut kepada aparat yang berwajib.

Sementara itu, Kapolres Asmat Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi, S.Sos., M.M menerangkan, setelah personel mendengar laporan tersebut, kemudian dengan cepat menuju lokasi kejadian untuk membantu warga memadamkan si jago merah.

“Meskipun menggunakan alat seadanya, personel Polres Asmat bersama warga saling bergotong royong berusaha untuk memadamkan api yang semakin membesar karena bahan bangunan yang mudah terbakar,” jelasnya.

Ia menyebutkan, Kejadian tersebut diduga berasal dari tabung gas yang meledak namun hal ini perlu dibuktikan dengan melakukan Olah TKP oleh Sat Reskrim Polres Asmat sehingga dapat diketahui penyebab pasti kejadian tersebut.

“Sat Reskrim akan melakukan Olah TKP jika disekitar area sudah dingin guna mengumpulkan bukti-bukti dan menambahkan keterangan para saksi sehingga dapat dipastikan penyebab serta kerugian akibat kebakaran tersebut,” pungkas Kapolres.**