Peringati HUT Ke-20, Pemda Kaimana Bakal Gelar Pesta Rakyat dan Hadirkan Artis Ibukota

Foto Istimewa

KAIMANA,wartaplus.com – Dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Kaimana ke-20 sejumlah kegiatan akan digelar untuk masyarakat Kaimana.

Ketua Panitia, Freddy Zaluchu, mengatakan, rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak tanggal 3-10 Juni dan di puncak acara akan digelar hiburan rakyat dengan menghadirkan artis lokal hingga nasional.

“ Menjelang peringatan HUT ke-20 Kabupaten Kaimana, panitia menggelar sejumlah kegiatan diantaranya, lomba lari 10 km, fashion show berbahan daur ulang, lomba kreasi tingkat SD, SMP, SMA dan umum,”katanya dalam keterangan yang diterima pada Rabu (07/06/2023).

“Untuk acara puncak akan disuguhkan hiburan rakyat dengan mendatangkan penyanyi ternama, yaitu mantan Indonesia Idol yang kini menjadi vokalis group band ST 12. Tentunya dengan lagu-lagu hits-nya akan menghibur masyarakat Kaimana,”sambungnya.

Selain itu kata Freddy Zaluchu, akan ada juga kegiatan prosesi perahu panjang di pantai Bantemi dan dilanjutkan dengan karnaval budaya bertempat di kawasan Kota dan malam puncaknya di pusatkan di lapangan Teluk Triton.

Lanjut dia, alasan perayaan ulang tahun baru digelar karena hari jadi Kaimana pada 12 April lalu bertepatan dengan umat muslim melaksanakan ibadah puasa dan hari raya idul Fitri.

“Pastinya kita menghormati dan menghargai umat muslim, sehingga perayaannya kita mundur. Tentunya semua itu tidak mengurangi momentum bagi masyarakat Kaimana,” ujarnya.

Bupati Fokus Tuntaskan Program

Ditempat terpisah, Bupati Kaimana Freddy Thie mengatakan bahwa puncak perayaan HUT Kaimana ke-20 diperuntukan bagi masyarakat Kaimana. Apalagi pasca covid kemarin pastinya ada kegembiraan dan keceriaan.

" Kita harapkan kegiatan yang berlangsung menjadi sejarah penting, apalagi pasca bangkit dari covid," jelasnya.

Lanjut dia, bahwa ada beberapa program yang akan di genjot di usia Kaimana ke-20, salah satunya mempercepat pembangunan.

" Jika merujuk pada teori pembangunan, satu di antara syarat terpenting percepatan pembangunan di suatu daerah adalah semangat toleransi masyarakat sehingga dapat mendukung terciptanya kondisi pemerintah yang aman dan kondusif," jelasnya.

Sehingga sesuai dengan tema,  "Bersama Berkarya Membangun Negeri" maka dirinya akan selalu berkomitmen membangun dan berkarya untuk masyarakat Kaimana. Dan disebutkan bahwa yang sudah berjalan program yaitu "Kaimana Terang" yang belum lama ini diresmikan.

“ Masyarakat Namatota harus senyum karena sudah menikmati layanan Penerangan, Komunikasi, Air Bersih Maupun Program Perbaikan Rumah Yang Menjadi focus perhatian pemerintah,” terang Freddy Thie.

Selain itu, dirinya bersama Wabup Hasbullah Furuada sudah melaksanakan janjinya yaitu rehabilitasi rumah masyarakat melalui program Rp 4 miliar per kampung yang ada di kampung Muri/Ure, Distrik Yamor, Kaimana, Papua Barat. Kata dia program Rp 4 milliar per kampung merupakan program Pemkab Kaimana selama era kepemimpinannya melalui APBD Kaimana tahun 2023.

“ Bersyukur sebanyak 19 rumah direhabilitasi di Kampung Muri/Ure. Hal ini berdasarkan permintaan masyarakat kampung agar mereka bisa menikmati hunian rumah yang layak huni. Mudah-mudahan, dari program Rp 4 miliar untuk rehab rumah hunian yang ada dan akan ditempati masyarakat di kampung Ure ini bisa mendatangkan berkat, rezeki untuk bapa-mama dorang di sini," tandasnya. (**)