Tingkatkan Pemahaman Jurnalis Terkait Kebijakan BI Papua, Digelar Media Gathering di Malang

Foto bersama Deputy Perwakilan Bank Indonesia Papua, Tommy Andreas, nara sumber dan para peserta media gathering/Humas BI Papua

MALANG, wartaplus.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua kembali menggelar Media Gathering berlangsung di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, 5-6 Juni 2023.

Kegiatan peningkatan kapasitas wartawan ini merupakan agenda rutin, yang dilakukan setiap tahun oleh Bank Indonesia Papua untuk menambah wawasan bagi wartawan terkait pelaksanaan tugas Bank Indonesia, baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah.

Deputy Perwakilan Bank Indonesia Papua, Tommy Andreas dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan, dukungan media sangat penting dalam mendukung kebijakan utama bank Indonesia yaitu moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran Bagi Bank Indonesia.

"Tanpa strategi komunikasi yang tepat, maka implementasi tiga kebijakan utama Bank Indonesia tersebut tidak akan berjalan optimal. Oleh karena itu, sinergi Bank Indonesia dengan media akan berperan penting sebagai saluran untuk menyebarluaskan informasi kebijakan Bank Indonesia," kata Tommy. 

Tidak hanya itu, lanjut ia, Bank Indonesia juga memandang pemahaman wartawan terkait kebijakan Bank Indonesia akan menentukan kualitas konten pemberitaan yang dibuat. "Dengan latar belakang tersebut, secara khusus capacity building media kali ini dimaksudkan untuk memperkuat kompetensi wartawan, terkait bagaimana teori dan praktik perumusan kebijakan Bank Indonesia," tutur Tommy.

Sehingga diharapkan pemberitaan tentang kebijakan Bank Indonesia bisa dikemas dengan bahasa yang lebih sederhana dan lebih mudah dimengerti oleh publik.

Syachman Perdymer dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia, dalam materinya terkait kolaborasi Bank Indonesia dan Media di Era Digital menjelaskan tentang bagaimana Bank Indonesia mengelola komunikasi kebijakan kepada stakeholder eksternal, terutama kepada media.

"Perbedaan pandangan antara Bank Indonesia dengan media dalam mengemas berita, sehingga perlu dibangun komunikasi yang baik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Kehumasan Bank Indonesia Papua, Reyhan memaparkan topik tentang kebanksentralan. Dimana dipaparkan tentang perjalanan Bank Indonesia sejak awal berdiri hingga saat ini, peran dan tugas Bank Indonesia, serta bagaimana Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia mengambil keputusan tentang kebijakan moneter, khususnya suku bunga setiap bulan.

Setelah sesi penjelasan kebanksentralan, dilakukan simulasi Rapat Dewan Gubernur. Dimana peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok dan bertindak seolah-olah sebagai Dewan Gubernur.

Lalu, semua kelompok diberikan studi kasus berupa sejumlah indikator makroekonomi dan diminta untuk memutuskan bagaimana kebijakan moneter Bank Indonesia harus diambil.

Di hari kedua para peserta perwakilan media elektronik dan cetak di Papua akan melakukan kunjungan ke Gapoktan Mitra Arjuna di Batu yang merupakan binaan dari Bank Indonesia Malang.

Gapoktan ini meraih gelar juara dua nasional klaster Bank Indonesia pada tahun 2018 dan telah melakukan ekspor beberapa komoditas pertanian sampai ke Singapura dan Jepang.

Melalui kunjungan ini, diharapkan wartawan dapat menyebarluaskan berita optimisme sehingga UMKM di Papua terinspirasi dan termotivasi untuk mengikuti kesuksesan yang serupa.**