Kabupaten Sarmi Siap jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Maritim Nasional 2023

Pulau Liki salah satu spot wisata di Kabupaten Sarmi, Papua/Twitter.com@agyas10

JAYAPURA, wartaplus.com - Pemerintah Kabupaten Sarmi menegaskan siap menjadi tuan rumah pelaksanaan upacara peringatan Hari Maritim Nasional tahun 2023, pada 23 September mendatang.

Ini disampaikan Penjabat Bupati Sarmi, Markus Masnembra kepada wartawan usai menerima SK Mendagri terkait perpanjangan masa jabatan Pj Bupati Sarmi, di Aula kantor Gubernur Dok II Jayapura, Jumat (26/05) kemarin.

"Di tanggal 23 September mendatang, sesuai dengan agenda yang sudah ditetapkan akan dilaksanakan upacara peringatan Hari Kemaritiman Nasional dan akan dipusatkan di Sarmi," katanya. 

Pj Bupati berharap, acara yang akan digelar di pulau Wakde tersebut, bisa dihadiri oleh para Menteri yang berada dibawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Karena berbicara soal kemaritiman ini, bukan hanya terkait bahari atau lautnya saja tetapi juga kita akan bicara terkait dengan potensi potensi kekayaan alam yang ada didalamnya seperti potensi perikanan. Sehingga diharapkan dengan kehadiran Menteri bisa melihat langsung, potensi apa saja yang bisa dikembangkan nantinya," harapnya.

Acara Peringatan Kemaritiman Nasional ini, lanjut Mansnembra, juga akan dirangkaikan dengan kegiatan Festival Seribu Ombak  dalam rangka mendukung event Sail Teluk Cenderawasih 2023.

"Jadi sebelumnya yakni pada tanggal 19 sampai 22 September, kita akan menggelar Festival Negeri Seribu Ombak, yang mana dalam festival ini akan menampilkan berbagai potensi sumber daya alam kita termasuk wisata bahari kita dan tentunya budaya masyarakat Sarmi," kata mantan Sekda Kabupaten Biak Numfor ini.

"Kita berharap melalui Festival ini, orang bisa mengenal budaya kita dan juga potensi wisata dan sumber daya alam kita," harapnya.

Pj Bupati juga berharap dukungan media dalam rangka mempublikasikan dua event besar yang akan digelar di Kabupaten yang dijuluki Kota Ombak tersebut.**