Bupati Markus Waran: Hari Pancasila Berkah Tuhan

Bupati Mansel, Markus Waran saat menjadi inspektur upacara pada upacara hari Pancasila, 1 Juni 2018/istimewa

MANOKWARI,- Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran menjadi inspektur upacara peringatan hari lahir Pancasila di Lapangan Garuda, Ransiki, Jumat (1/6/2018) pagi. Pada momen itu, Bupati berpesan bahwa sesuai amanat Presiden Joko Widodo bahwa, hari Pancasila adalah berkah yang indah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Berdasarkan situs resmi Dinas Kominfo kabupaten Manokwari Selatan tampak hadir pada upacara itu, yakni Wakil Bupati Manokwari Selatan, Wempi Welly Rengkung, Komandan Mako Rindam Kasuari Kolonel Inf Ignatius Tri Joko, para pejabat ASN, pegawai kontrak, jajaran Polri, TNI dan pelajar SD dan SMA.

Dalam sambutannya, Markus Waran menegaskan kembali sesuai amanat Presiden RI, Joko Widodo tentang Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, sebab sebentar lagi Indonesia akan memasuki tahun ke-73.

“Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya," ujar Markus. 

Lanjutnya, selama 73 tahun pula, Pancasila sudah menjadi rumah bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, maka sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Presiden Jokowi juga mengingatkan sejarah Pancasila dihasilkan dari para pejuang bangsa, sebab Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 2018. *