Gelar Razia, Polisi Temukan 8 Unit HT Diduga Milik KKB

Barang bukti 8 unit HT yang disita petugas Polres Lanny Jaya/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Polres Lanny Jaya menyita 8 unit alat komunikasi Handy Talky (HT) yang diduga milik simpatisan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), dalam razia cipta kondisi pada Jumat (03/03/2023) lalu.

Operasi cipta kondisi gabungan yang digelar bersama Satgas Operasi Damai Cartenz dipimpin Kasat Reskrim Polres Lanny Jaya, Ipda Yoga Dwi Arjuna berlangsung di depan Mapolres dan dimulai sejak pukul 09.00 WIT. 

Kapolres Lanny Jaya, AKBP Umar Nasatekay mengatakan, sekitar pukul 09.45 WIT, anggota menghentikan sebuah mobil jenis Triton yang berisi tujuh orang penumpang.

"Kita melakukan penggeledahan untuk menemukan barang-barang yang mencurigakan sebagai upaya preventif," kata Kapolres dalam keterangannya, Sabtu (04/03).

Dalam penggeladahan, lanjut Kapolres, anggota menemukan sebuah tas yang berisi delapan unit HT dan sebuah pisau.

"Anggota kemudian melakukan pemeriksaan terhadap tujuh orang penumpang. Selain itu juga memeriksa telepon seluler untuk mendalami hasil temuan tersebut," ungkapnya.

Saat diperiksa awal, tidak ada satu pun yang penumpang yang mengaku sebagai pemilik alat komunikasi itu. 

Namun kemudian salah satu penumpang berinisial TK mengaku bahwa dititipkan oleh seseorang tidak dikenal di Wamena untuk dibawa ke Kampung Kuyagawe (Lanny Jaya).

Kapolres Umar menduga bahwa pemilik alat komunikasi tersebut merupakan simpatisan untuk dikirimkan kepada kelompok kriminal yang kerap meresahkan masyarakat. 

"Kita duga pemiliknya simpatisan KKB," imbuhnya.

Sementara untuk para penumpang dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan. Namun, pihaknya akan terus melakukan pengembangan terkait temuan alat komunikasi tersebut.

"Kita akan terus kembangkan dan melakukan razia dalam rangka mengendalikan situasi  di wilayah Lanny jaya agar aman dari aksi kriminalitas KKB,"pungkas Kapolres.**