Didampingi Pangdam Cenderawasih, Doni Munardo Tinjau Operasi Katarak dan Baksos di Puncak Jaya

Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Purn) Doni Munardo didampingi Pangdam Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dan Pj Bupati Puncak Jaya, Tumiran saat memberikan keterangan pers/dok:Pendam17

MULIA, wartaplus.com - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mendampingi Ketua Umum PPAD (Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat) Letjen TNI (Purn) Dr. (H.C.) Doni Munardo meninjau kegiatan bakti sosial (baksos) dan operasi katarak di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Rabu (01/02) pagi.

Turut dalam rombongan, Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo, Wakil Ketua Tim PPAD Mayjen TNI (Purn) Eko Budi Soepriyanto, dan sejumlah pejabat utama Kodam Cenderawasih.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman dalam rilis tertulisnya menyebutkan, rombongan tiba di bandara Mulia disambut Penjabat Bupati Puncak Jaya, Tumiran bersama forkopimda setempat dan para Komandan Satgas TNI Polri.

"Tiba di Mulia, Pangdam dan Ketua PPAD beserta rombongan langsung bergerak menuju Makodim 1714/PJ dalam rangka melakukan kegiatan Baksos dan Operasi Katarak untuk masyarakat," kata Kapendam.

Di Makodim juga digelar tatap muka bersama pemerintah daerah dan perwakilan stake holder. 

Di kesempatan itu, diserahkan secara simbolis tali asih dan sarana olah raga kepada perwakilan Tokoh masyarakat dan Tokoh Perempuan.

Usai tatap muka, rombongan bergerak menuju ke RSUD Mulia Kabupaten Puncak Jaya untuk meninjau pelaksanaan operasi katarak, kemudian dirangkaikan dengan pemberian bantuan selimut serta kain kelambu kepada pasien operasi Katarak.

Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Purn) Dr. (H.C.) Doni Munardo dalam keterangannya menyampaikan, kegiatan operasi katarak ini melibatkan banyak pihak salah satunya, tim dokter  RSPAD.

"Tugas kami yaitu ingin memberikan bantuan kemanusiaan di seluruh Indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Puncak Jaya," ujar Doni Munardo.

Ia menjelaskan, kegiatan Baksos dan bantuan Operasi Katarak ini sudah dilaksanakan sejak 27 Januari lalu dan akan tuntas pada 2 Februari.

Sementara itu Ketua Tim Dokter, dr.Andreas Septiandi mengaku sejak 27 Januari sudah ada 242 lebih pasien yang ditangani.

"Untuk bantuan sendiri berupa obat-obatan maupun obat vitamin dan obat cacing juga telah diserahkan oleh kami kepada pasien katarak yang telah selesai melaksanakan Operasi," akunya.

Usai peninjauan pasien Katarak, rombongan menuju ke Gereja GIDI Antiokia Mulia, Puncak Jaya untuk meresmikan Gedung Sekolah Minggu Gereja GIDI Antiokia Mulia, ditandai pengguntingan pita oleh Ketua Umum PPAD, Doni Munardo.

Di kesempatan itu, turut diserahkan bantuan satu unit alat musik keyboard yang diterima Wakil Ketua Klasis GIDI Pdt. Basman Enumbi.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang untuk pertama kalinya melakukan kunjungan kerja ke Puncak Jaya, menyempatkan waktu mengunjungi Kotis Satgas 113/JS dan Kotis Satgas 712/Wiratama.**